Sabtu, 14 Juli 2018

Tempat Paling Efektif Cari Lowongan Kerja

Hola!

Apa kabar kalian para job seekers? Masih semangat? Haha kesel gak lo? Tenang, gue juga pernah mengalami desprate nyari kerja. Mulai dari waktu baru lulus, bahkan pas mau pindah kerja, perasaan gak nentu gitu pasti sih dirasain waktu cari kerja. Apapun alasan kalian cari kerja, gue mau mencoba bantu kasih tau tempat-tempat cari lowongan kerja yang responnya cukup cepet dan ada kepastiannya. Jobstreet? Lewat aja deh!



Gue merasakan masa-masa daftar kerja lewat Jobstreet dan emang beberapa ada yang dipanggil, tapi bisa dibilang presentasinya kecil banget sih. Kerjaan pertama gue dapet dari Jobstreet dan itu gue nunggu sampe 1 bulan lebih, sampe gue pun lupa daftarnya kapan dan jobdesk-nya apa. Kalau kalian perhatiin "saingan" di Jobstreet itu buanyak banget, lo bayangin aja tuh HRD bukain CV ribuan orang, siwer iya, yang ada CV kita malah kelewat. Nah gue punya beberapa source yang lebih enak buat cari lowongan kerja, terpercaya pastinya, dan responnya terbilang cepet. Di mana aja gue cari kerja sekarang? Cekidot.

LinkedIn

Hayo siapa yang belum bebenah LinkedIn? Jangan mantengin IG doang, "media sosial" yang satu ini penting banget kalau kalian udah kerja, atau bahkan baru semester akhir kuliah. LinkedIn ini ibarat CV online yang semua orang bisa liat. Lo mau pamer karir, pamer keahlian, project dan apapun yang berkaitan sama kualitas kerja lo di sini sah banget.



Urusan cari kerja? LinkedIn ini gudangnya yang terpercaya dan cenderung cepet responnya! Caranya? Lo bisa buka fitur "Jobs" tapi gue menyarankan lo juga add para HRD perusahaan yang lo incer atau sekedar ketemu ada HRD dan CEO atau kepala divisi either supervisor atau apalah yang jadi "kepala" di suatu perusahaan. Mereka biasanya update "status" lowongan buat timnya. Dan enaknya mereka kasih email kantor pribadi, jadi kayak lebih terjamin dan pasti dicek sih. Nah kalau udah apply terus gak dipanggil, ya berarti belum qualified aja, dan menurut gue lebih enak tau kepastiannya gue gak cocok, karena gue kirim langsung ke orang yang emang butuh orang baru di timnya.

Pilih yang cara apply-nya pake Easy Apply ya, kalau kata gue lebih kredibel dan cepet sih, langsung direct ke orang yang pasang iklan lowongannya. Daripada yang diklik taunya masuk ke website lain, itu sih sama aja.

Facebook Group

Anak ahensi mana suaranya? Hahaha. Kayaknya gue cuma tau satu grup FB ini aja deh. Awalnya dari mana lupa, terus ikut-ikut aja join di grup FB Ahensi ex-Ahensi, dan wow isinya lowongan kerja semua. Kebanyakan sih dari industri kreatif ya, secara grupnya aja buat ahensi awalnya. Tapi di industri kreatif juga kan butuh profesi lain kayak finance, IT, even HRD sekalipun. Jadi oke banget sih, tapi kalau kalian mau info lowongan dari perusahaan kayak Djarum atau Bank gitu sih ya gak ada juga di sini. Ingat, mayoritas buat perusahaan digital/ start-up gitu sih.

Pengalaman gue, gue udah coba dan berhasil dipanggil berkali-kali lewat sini, walaupun dipanggil doang, jadi mah kagak hahaha.

Kalibr


Nah ini, ada yang pernah nemu di Google? Kalibr ini gue ga sengaja nemu dan surprisingly legit! Kalibr ini kurang lebih kayak Jobstreet, situs kumpulan lowongan kerja gitu. Tapi.. banyak perusahaan start-up yang oke pake ini buat job recruitment dan jadi platform official mereka. Contohnya, Gojek. Walaupun gue pernah apply tapi gak dipanggil-panggil sih haha.

Enaknya lagi status aplikasi lo juga keliatan, misal udah diliat recruiter atau lagi direview mereka. Jadi gak php gitu loh, kan suka sedih ya, udah apply tapi statusnya gak jelas. Gue sering sih pake ini sayangnya di sini masih terbilang sedikit varian lowongannya (kayak apaan aja ye, varian). Cuma ya lebih jelas aja sih, jadi kalau emang ada yang baru, ya emang baru bukan karena recruiter yang pasang iklannya lupa "matiin" iklan lowongan kerja itu. Terus, responnya cenderung cepet.

Tech In Asia


Biar dikata ini media tempatnya semua info berbau dunia digital, tapi Tech In Asia punya fitur Job Search gitu. Nah ini kayak Kalibr, masih cenderung sedikit kalau dibanding Jobstreet, tapi responnya cepet tanggep. Bisa 2 minggu abis apply langsung dihubungin HRD-nya, kalau cocok ya.

Fiturnya juga kurang lebih sama sih, bisa liat juga kalau CV kita diterima apa nggak, misal ditolak ya ada notifnya juga. Enak sih. So far gue suka, alternatif selain Kalibr gitu.

TIPS
Nah tips dari gue buat yang lagi hunting kerjaan online, kalau pakai platform kayak Kalibr dan Tech In Asia, pastikan isi profil kalian selengkap-lengkapnya. Ibarat prasmanan kawinan, lengkap dari capcay sama zuppa soup. Biar dikata isinya itu lagi-itu lagi, tapi kalau lengkap itu lebih baik, jendral!

Terus pasang foto, jangan lupa. Pantengin juga tiap minggu, atau cari spesifik keyword jabatan yang lo mau. Selain itu, pakai juga keyword lain. Misal kalian mau cari jadi copy writer, jangan cuma nulis copy writer aja sih saran gue, tulislah writer, karena pasti copy writer dan content writer bakal muncul. Tinggal pilih yang sesuai. Karena perusahaan kan kasih nama jabatan suka beda-beda ya, walaupun sebenernya job desk-nya sama aja.

Segitu aja info darikuu kalau kalian biasa browsing lowongan dari mana? Atau udah terjamin hidupnya jadi gak lagi cari-cari kerjaan baru? Hahay. Tengkyu for reading ya!

0 komentar:

Posting Komentar