Sabtu, 24 Juli 2021

Pengalaman Dropship Skincare di Shopee | Enak dan Gak Enaknya Dropship

 Hola!

Ok, kali ini gue mau sharing agak beda nih, yaitu soal dropship, khususnya dropship skincare di Shopee. Yes, kalau pernah ke heytarra.com sebelumnya pasti ngeh ada banner shop at heytarra, nah itu usaha dropship gue di Shopee. Walaupun gak bisa dibilang 100% sukses, tapi gue rasa cukup sih untuk sharing sedikit gimana cara dapet penghasilan tambahan lebih dengan dropship. Baca terus ya sampe bawah!


Awal Mula Dropship

Kayaknya sih waktu itu denger dropship lewat Instagram deh. Jadi, di tahun 2016-2017 lagi BU alias butuh uang nih. Terus cari cara lah untuk jualan, tapi jualan apa? Nah di tahun itu gue lagi sering-seringnya bikin review makeup. Iya udah jatuh cinta ajalah sama makeup. Terus ada satu online shop terkenal di zaman itu, namanya preorderbymimo. Waktu itu sih Female Daily Forum tuh hits banget deh, tempat perkumpulan makeup lover dari mana-mana. Nah ada thread jualannya, nah si Mimo ini yang terkenal. Gue pun udah sesekali beli dari Mimo.

Toko gue di shopee. Jualan lagi gak neh?

Pas gue cek, eh bisa jadi reseller. Nah gue udah paham lah ya reseller itu ngapain, kurang lebih kita beli barang dalam jumlah besar ke supplier buat dijual lagi. Cuma... syarat jadi reseller itu kan lo harus punya modal ya, dan jualan makeup itu modalnya lumayan. Untuk gue yang waktu itu gajinya masih gaji fresh graduate sih mana kuat. Apalagi gak punya pengalaman jualan dan gak yakin laku juga.

Then, nemulah sistem dropship. Apaan tuh?

Apa Itu Dropship?

Simple-nya, dropship itu cara jualan tapi gak nyetok barangnya. Terus gimana dong? Jadi kita nih pasang iklan atau naikin jualan di marketplace, pas ada yang beli, kita order ke supplier atas nama pembeli, terus supplier langsung kirim ke pembeli kita. Nah, kita-kita yang gak punya modal ini bisa pake metode dropship buat cari uang. Untungnya dari mana? Ya dari selisih harga asli sama yang kita jual. Makanya harus jeli cari supplier biar untung.

Barang Dropship yang Gue Jual

Gue jualan skincare dan makeup di Shopee. Sempet bikin akun IG juga sih, tapi asli, gak kepegang sih kalau gue harus ngonten juga. Jadi ya ngiklan di Facebook Group sama blog aja. Penjualannya gue bisa bilang gak wow, auto kaya juga. Karena, gue kasih tau ya, jualan skincare sama makeup itu untungnya gak banyak. Yaa... mungkin kalau reseller bisa kali ya, tapi supplier dropship gue gak kasih harga khusus untuk dropship sih jadi gak bisa naikin banyak keuntungannya. Kalau jual lebih mahal, otomatis diskip pembeli bun. Kita aja kalau jajan skincare, liat yang mahal, auto pindah kan? Kecuali emang penjualnya udah langganan. Nah, gue nih baru buka, siapa juga yang tau? Temen sendiri juga gak banyak yang doyan makeup dan skincare. 

Oke, lanjut ya. Cukup curhatannya.

So how was it? Enak gak jadi dropshipper?

Pengalaman dropship
Mungkin kalau udah punya modal, jadi reseller sih haha


Ada enak dan enggaknya ya pasti.

Enaknya Dropship

  • Gak pake modal. Kita beli barang cuma kalau ada yang pesen ke kita. Pastiin pembeli udah transfer dulu ya. Jangan kita udah order ke supplier tapi pembeli belom selesain pembayaran
  • Resiko rugi yang kecil. Karena belom tentu stok barang pasti habis, apalagi toko kita masih baru, jadi aman deh. Stok gak bakalan rusak karena gak laku
  • Fleksibel. Kalau ada yang ngetren, kita bisa langsung jualan tanpa harus nyetok dulu. 
  • Gak ribet packing. Yes, biasanya supplier yang udah packing dengan kotak polosan gitu sih. Asli, gue pernah punya stok, packing sendiri itu capek, dan gue bukan orang yang bisa packing rapi. 
Gak Enaknya Dropship
  • Stok mengikuti supplier. Misal mau jualan barang viral, eh pas mau ambil dari supplier, di mereka habis. Mau gak mau harus nyetok. Tapi biasanya gue akalin dengan beli maksimal 5 biji sih. Selain hemat ongkir per barang, kadang ada potongan juga.
  • Keuntungan kurang besar. Khususnya untuk dropship skincare dan makeup ya. Tapi ini balik lagi, karena sedikit banget supplier skincare dan makeup yang mau kasih harga khusus untuk dropship. Jadi yang kalian beli, ya harga pasaran, naikinnya paling gak sampe 10.000 ahaha. Ya ada aja sih kalau lagi sold out di mana-mana, nah itu bisa dimanfaatin, tapi gak setiap hari.
  • Pengiriman tergantung supplier. Asli ya, pembeli di e-commerce kayak Shopee tuh banyak yang gak sabaran. Belom 24 jam udah nagihin resi. Padahal di supplier baru dapet resi ya setelah 24 jam. Secara mereka banyak orderan ya. Nah ini agak susah dikontrol. 
Pahitnya Dropship di E-commerce
Harga admin dan program yang mencekik! Hahaha. Waktu itu gue baru nih akhirnya ikutan program free ongkir ehhhh potongannya gede banget gila, sampe rugi gue. Ya salah gue juga sih gak baca detail. Tapi gila sih. Itu tuh kalau ada yang beli 300ribuan, potongannya bisa 50ribu. Gila gila.

penghasilan dropship shopee
Jangan kaget dulu, 12 juta itu termasuk harga barang. Penghasilan bersihnya mah... hahaha


Mungkin akhirnya ya yang jualan ditarikin duitnya biar untung juga tu e-commerce. Akhirnya ya gue matiin sih tuh fitur gratis ongkir. Nah ini juga yang akhirnya mengakhiri perjalanan jadi dropshipper. Banting setir aja deh, jualan jasa, daripada udah pusing nyari produk yang lagi rame, eh untungnya gak seberapa.

Tapi bisa jadi kalau jualan baju dan perintilan gak penting bisa lebih laku sih. Cerita aja, pernah jualan lampu lucu di Facebook Marketplace, eh ada yang beli dong! 2 Orang gitu lah, padahal lagi iseng aja, ada gak sih yang beli? Secara ibu-ibu suka beli yang gak penting gitu kan, eh laku juga. Cuma gak gue seriusin sih. Nah kalian juga bisa coba jualan dropship di Facebook Marketplace tuh kalau targetnya orang-orang yang masih main Facebook.

Punya pengalaman dropship? Cerita dong!
Penasaran gue kalau dropship barang lain, gimana keuntungan, suka dan dukanya. 

Anyway, thank you for reading!


1 komentar:

  1. Dulu pernah coba dropship juga sih. Barang2 baby gitu. Sebenernya suppliernya enak banget, untung ada yg kecil ada yg besar sih. Lumayan lah. 😁 sempet bikin akun di IG & jualan di tokped juga.

    trs dulu pernah ada aplikasi khusus reseller/dropshiper diluar app ecommerce, jd stok di supplier bisa kita lihat langsung, dan kl ada pesanan bisa langsung dipesan tanpa nunggu kabar dari supplier.

    Sayangnya app itu kyknya gk dapet support dana utk pengembangan, dan akhirnya tutup service. Akhirnya kita tutup toko juga, sehubungan dg app tsb tutup service.

    karena kl nungguin respon dr supplier kadang slow respon. 😅

    BalasHapus