Selasa, 24 April 2018

Cara Kirim Email Lamaran Kerja yang Bener (Fresh Graduate Wajib Baca!)

Helooo!

Kali ini gue mau bahas lagi seputaran dunia kerja. Dunia yang gak kita suka-suka amat tapi harus karena hidup itu pake duit kak! Tapi nih, banyak banget yang masih aja salah cara kirim lamaran kerjanya. Ngucapin ultah aja ada basa-basinya, apalagi lamar kerja!


Setelah gue berada di posisi menginterview orang (alias jadi user), gue beberapa kali mendapatkan lamaran kerja yang bikin ilfil. Langsung cek aja deh apa yang harus lo lakuin sebelum pencet tombol 'send' email lamaran kerja.

Ngirim lamaran kerjaan via email udah jadi hal sehari-hari ya, dan pastinya di masa depan job fair itu cuma jadi promosi aja. Sayangnya masih banyak email lamaran kerjaan yang "gak bener". Jangan sampe kalian nih yang belum pernah kirim lamaran kerja via email ikutan salah langkah.

Mindset

Biasakan googling, waktu awal gue kirim lamaran kerjaan by email, gue pun gak tau tata bahasanya, apa yang harus gue kirim dan gimana caranya. Tapi gue googling dan nemuin banyak template email lamaran kerja. Walaupun sebenernya yang gue temuin itu jenis lamaran kerja yang jadul, tapi mereka gak salah. Apa yang gue temuin di google itu gak salah guys.

Subject Kosong

Jangan pernah gak isi subject email. Sesimpel 'Lamaran Untuk Posisi...' itu aja udah bener banget.

Body Email

Tau bagian kosong di bawah kolom untuk isi alamat email tujuan? Nah body email itu gak boleh kosong. Haram hukumnya. Saat gue dapet email kosong yang isinya cuma attach cv dan portfolio, gue bakal ilfil dan merasa orang yang kirim ini gak punya usaha lebih.

Kenapa?

Karena body email itu berfungsi buat memperkenalkan diri lo. Kan mana gue tau mereka dapet info darimana, terus keahliannya apa, dan mau ngelamar jadi apa. So please googling, apa yang harus kalian isi di bagian body email. Atau kalian mau gue bahas di #NgomonginKerjaan berikutnya? Komentar deh di bawah.

CV dan Portofolio

Untuk posisi-posisi tertentu, ngasih portofolio itu penting. Misal, kalian mau jadi graphic desainer, mana gue tau kemampuan kalian kalau gak ada contoh karya yang pernah dibuat? Begitu juga dengan profesi lain yang fungsinya "membuat karya" seperti copywriter, videografer, dan lain-lain.

Terakhir, tinggalkan nomor telepon dan info lain yang gak kamu masukkan di CV. Sebenernya simpel, dan terdengar receh, tapi efeknya gede. Well, email lamaran yang bagus juga bukan satu-satunya yang bikin kalian dapet kerjaan. Tapi setidaknya bisa membantu dipanggil hrd, dari situ nanti kita bahas deh.

Kalau ada yang mau ditanya, boleh loh komentar di bawah.

0 komentar:

Posting Komentar