Jumat, 01 Februari 2019

Pengalaman Trip ke Labengki - Sombori II

Hola!

Lanjut ke cerita hari terakhir trip Labengki - Sombori. Di hari terakhir kita cuma punya waktu setengah hari, karena jam 12 an udah harus nyebrang lagi ke Kendari buat kejar pesawat dan beli oleh-oleh.

foto kak Emil @Julang05

Di hari terakhir, grup gue bangun pagi dan sekitar jam 7-8 gitu kita udah nyebrang ke Blue Lagoon. Spot ini gak jauh dari Pulau Labengki, tempat kita nginep. Dan ini spot yang paling banyak kalian temuin kalau browsing soal Sombori/Labengki. Kalian harus pake sarung tangan, karena buat foto di sini susah banget. Kapal turun di bagian pinggir tebing, dan kita literally harus manjat tebing. Gak banyak bagian datar buat pijakan.


Lagoonya cakep banget sih, airnya bening, hijau terus tempting banget buat nyebur. Tapi sayang kayaknya gak bisa deh main air di sini. Fokusnya cuma buat foto. Dan bagian dasar airnya juga bukan pasir tapi bebatuan vertikal kayak tebingnya. Jadi kalau jatuh pun dipastikan bakal cedera parah ya. So be really careful when taking pictures here. Gue yang nyalinya dikit dan males effort buat foto, gak sampe ujung banget, jadi ya.. fotonya gitu aja. I wish, we could swim around the water sih.

@annasintya

Next stop, Teluk Cinta dan miniatur Raja Ampat. Jaraknya deket, 10 menitan nyebrang pake perahu. Di sini naiknya juga kayak Puncak Kahyangan, fokusnya juga di foto-foto. Di pulau ini ada resort pribadi gitu, kita lewat depannya aja, gak boleh masuk ke area mereka sama sekali.

Teluk Cinta ini bentuknya <3 begini loh, haha. Cuma keliatan kalau pakai drone. Dari tempat kita foto-foto sih gak keliatan ya. Jadi spot foto ini kanannya Teluk Cinta, kirinya the so called miniatur Raja Ampat, gue sih gak tau Raja Ampat gimana dan segede apa sampe ada miniaturnya. Tapi menurut gue sama aja kayak Puncak Kahyangan. We didn't swim either.

Beres foto-foto, lanjut ke spot berikutnya, gue suka yang ini, karena bisa nyebur! Namanya Pantai Pasir Panjang! Karena ini satu-satunya pantai yang panjang di antara spot lain yang udah dikunjungi. Di sini juga ada resort gitu, persis di pinggir pantainya. Tapi, kalau kalian dateng di waktu yang kurang tepat, airnya bisa surut banget dan gak memungkinkan nyampe ke pantai. Bawahnya karang tajem gitu, jalan pun jauh.

@ish.ma

Di sini pasirnya bersih, halus, putih. Pantainya juga cenderung dangkal, jadi aman berenang buat yang gak jago kayak gue. Kalian juga bisa minta dipetikin kelapa sama mas-mas yang bawa perahu, kita bayar sih per kelapa 5 ribu eh apa 10 ribu ya, lupa gue. Teruuus, di sini ada sumber mata air tawar! Tawarnya kayak air Aqua. Padahal deket banget dari pantai, gak ngerti juga kenapa bisa gitu. Warga di Pulau Labengki biasanya ke sini buat ambil air bersih. Gue bahkan minum airnya dan enak banget, gak ada asin-asinnya sama sekali.

Abis santai, foto-foto sama berenang, kita balik ke Labengki buat cabut ke Kendari. Sedih sih, masih pengen main air sampe keriput hahaha.

What I love about Labengki - Sombori

  • Idk if it's on high season ya, tapi tempatnya gak serame itu. Gak kayak waktu gue ke Karimun Jawa. 
  • The kids are super friendly, gue biasanya udah menjauh aja tuh kalau disamperin bocah-bocah di tempat wisata gini. Suka gak sopan kayak narik-narik baju, minta-minta, dll. Tapi mereka tuh deketin terus ngajak ngobrol selow gitu. Suka deh haha. Ngeliat mereka jago banget renang, bikin minder. 
  • Not so commercialized. Ini asli berasa banget bedanya. Di Labengki sendiri, walaupun banyak home stay, tapi vibenya gak kayak klo di Karimun Jawa. Bagian pantainya juga bersih dari tukang jualan. Lo gak akan nemuin bar, atau tempat nongkrong kayak di kebanyakan tempat wisata deh. Kalaupuna da warung, ya itu emang buat warga sekitar aja. Walaupun udah ada beberapa resort juga, gak seheboh Bali deh. Gak ada juga water sport yang disewain di spot yang kita kunjungi. Which is good to enjoy the place as it is, menurut gue. Semoga gak jadi bling bling sampe kapanpun, sih.
  • The wave is so calm. Gak ada ombak besar heboh sih waktu gue kesana. 
  • Gak amis! Mungkin karena gak banyak nelayan juga? Gue gak nemu banyak warga yang nyari ikan, ada sih, cuma gak massive. Pas di homestay yang persis di pinggir laut aja, bau asin air lautnya gak kecium. Suara ombak aja gak kedengeran pas gue tidur. Beda kayak waktu di Karimun Jawa. 

What I don't like

  • There's not many beaches, padahal gue doyan banget main air dan ini yang gue cari tiap jalan-jalan ke area yang banyak airnya, duh.
  • We don't snorkle! Katanya karangnya gak bagus-bagus amat :( 
  • Spot fotonya nyeremin haha, i don't bother to take many pictures of myself akhirnya
Overall, the experience was great, I don't regret it. Cobain deh ke Sombori kalau lagi kepengen jalan-jalan ke daerah timur. Any questions? Drop them on the comment section below!



0 komentar:

Posting Komentar