Minggu, 09 Juni 2019

Gimana Rasanya Kerja di Grab Indonesia? | Ngobrolin Kerjaan

Hola!

Setelah kemarin gue review soal Paket Begah dari Grab, hari ini gue mau kasih tau gimana sih rasanya kerja di Grab Indonesia? Secara, Grab kan perusahaan besar ya bok, kantornya ada di mana-mana, layanannya juga di beberapa negara di Asia Tenggara. Dan model bisnis ride hailing ini baru banget. Yuk cek ceritanya!

welcome to Grab Indonesia HQ

Jadi Senin lalu gue diundang Grab Indonesia buat main ke kantor mereka. Gak cuma main, gue dan blogger lainnya juga ngobrol banyak sama karyawan Grab buat tau fasilitas dan keseruan apa yang bakal kalian dapetin kalau jadi karyawannya Grab.


From Idea to Reality

salah satu ruangan kerja Grabbers

Sebagai karyawan Grab (disebutnya Grabbers) , kalian bakal punya kebebasan buat ngide. Apalagi kita-kita milenial ya, yang suka bengong mikirin hal-hal baru. Ide apapun bisa kalian ajuin dan kalau oke, bisa dijadiin kenyataan. Salah satu hasilnya bisa jadi produk baru di aplikasi Grab. Contohnya kayak Paket Begah Grab yang baru gue review kemarin.

Freedom

Kalian juga bisa kerja dari mana aja. Gak ada jam masuk yang saklek, kayak harus absen jam 9, terus jam 6 malam teng pulang. Waktunya sefleksibel itu. Kalian juga bisa kerja di pantry, atau ke luar kantor kayak di kafe-kafe sekitar kantor Grab. Kalau liat foto-foto ini keliatan kan banyak ruang-ruang kosong yang bisa dimanfaatin karyawan buat kerja. Jadi kalau bosen di meja sendiri, ya tinggal pindah aja. Cobain deh satu-satu tuh space-nya hehe. Kalau kata mba Shanti Iriani, Corporate Culture and Employee Engagement, kerja di Grab itu flexible but responsible. Asik kan?

Best Employee

Jangan salah, tiap bulan ada penilaian buat karyawan yang terbaik performance-nya di kantor. Bulan lalu, mas Rekha Gayantika, Community Manager yang handle komunikasi ke driver jadi salah satu yang menang nih.

bisa makan siang dan kerja di sini

Fyi, buat jalin hubungan sama driver, timnya mas Reka sering ngadain acara mulai dari kompetisi sampai kumpul-kumpul komunitas driver di berbagai kota lho. Salah satu kompetisi yang lagi berjalan itu Kompetisi Orderan Ramadan Mitra Andalan (KORMA) buat nyambut masa mudik. Nantinya 200 driver dengan orderan terbanyak masing-masing dapet Rp 1 juta. Informasi kayak gini dishare lewat aplikasi driver. Mirip kayak notif yang suka masuk ke aplikasi Grab kita gitu.

Visi & Misi Grab
Maju bersama

Memberikan platform transportasi yang aman
Memberikan akses transportasi untuk semua orang
Meningkatkan kualitas hidup mitra pengemudi

Keluhan Driver

Gue nanya ke mas Reka, apa sih yang paling banyak dikeluhin driver soal penumpang? Ternyata titik penjemputan yang beda paling banyak bikin masalah. Terus driver perempuan juga sering dicancel, entah ya mungkin kalau konsumennya cowok, gak enak disetirin perempuan. Kalau mau nyetirin, lagi mager? Kalian pernah cancel orderan karena drivernya cewek? Dan yang paling banyak berikutnya itu konsumen yang gak mau bayar parkiran pas order GrabFood. Coba dicek lagi nih yang suka nge-GrabFood makanan dari mall.

Gimana Caranya Lolos Masuk ke Grab?

desain kantor Grab yang Indonesia banget!

Selain background pendidikan, culture dan performance jadi dua hal yang dipertimbangkan pas kalian daftar ke Grab.  Satu hal lagi, bagaimana kalian melihat driver sebagai mitra juga bakal dinilai. Mba Shanti bilang, di Grab gak ada tes panjang kayak psikotes lengkap yang berlembar-lembar itu. Mereka punya teknik sendiri buat seleksi karyawan baru dengan metode wawancara. Selain daftar biasa lewat Grab Careers, ada program Management Training. Jadi banyak cara sih buat daftar jadi Grabbers.

The Fun Stuff

Selain bonus, penghargaan buat best employee, kegiatan seru lainnya yang didapet Grabbers itu outing! People Management Grab kasih kebebasan buat masing-masing departemen nentuin tujuan outing mereka! Wah seru sih, secara tiap tim pasti maunya beda-beda kan. Ada yang suka alam, ada yang suka foto-foto cantik aja. Tergantung.

introverts friendly haha

So despite a big workload, Grabbers are provided with bunch of nice facilities and freedom to support them. Are you interested to join the club?
Jangan lupa share juga pengalaman kalian yang pernah ngelamar atau lagi proses ngelamar ke Grab ya!


7 komentar:

  1. Wihhh kantornya cakep bener, yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan ini belum selesai semua didandanin loh

      Hapus
  2. Applied many times to grab but always got rejected, seems they have a very high qualification for hiring people.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Me too! Haha. Plus they don't have many vacancies these days

      Hapus
  3. Pas interview di grab, menggunakan bahasa Inggris atau Indonesia ya kak klo boleh tau?

    BalasHapus
  4. Ada lowongan gak di grab saya mitra driver grab juga dan salah satu Pengurus di Wadah komunitas Grabbers Jurig aspal jabodetabek sebagai Ketua Kordinator wilayah,, ada lowongan gak??? Boleh dong jadi team nya Pak Rekha

    BalasHapus