Kamis, 07 Januari 2016

HOW I SHOP #1 : Belanja Maksimal Dengan Budget Minimal

Hellooo Dearest Readers!
I've always been wanting to write about this. Gue merasa dengan menjamurnya online shop a.k.a atau dalam bahasa lain, e-commerce, di masa depan *ceile orang akan lebih banyak belanja melalui internet. Sekarang aja udah banyak banget kan pasti diantara kalian yang doyan jajan online, termasuk gue.  

Belanja secara online emang enak banget, tinggal pilih barang yang disuka, pesen langsung bayar, terus tunggu deh barang dateng. Rasanya kayak ngasih hadiah ke diri sendiri pas barangnya udah dateng! 

TAPI.... sama kayak belanja langsung di toko, belanja online juga bisa bikin kalap! Apalagi kita ngga secara langsung bayar dan liat duit keluar dari dompet. Langsung aja gitu melipir ke ATM atau bahkan yang pake m-banking ketik-ketik langsung ilang duitnya. 

Gue akan memberi tips berdasarkan pengalaman gue yang cukup sering belanja online, gimana caranya belanja dengan budget yang minim tapi kalian bisa belanja banyak. Keep reading!

SALE 
Kalian ngga perlu nunggu sampe ada event tahunan buat belanja barang murah. Di setiap website online shopping, pasti ada menu SALE. Nah kalau kalian mau belanja ngirit, ini salah satu tips yang gue juga sering lakukan. Begitu buka website, langsung klik menu SALE.
 
Berrybenka,com

Kalian ga mau belanja barang SALE? Hmmmm.. Baiklah, gue ada cara lain, yaitu :

Gunakan fungsi FILTER
Yep, liat di bagian atas? Nah disitu bisa filter dari warna sampai harga, yang harus dilakukan adalah sort/ filter Price atau Harga. Pilih Harga Terendah - Tertinggi. Ini ampuh banget sih buat nemu barang-barang dengan harga yang lebih murah. Gue sering banget ngelakuin ini setiap belanja online. 
berrybenka.com

Nge - filter harga itu alternatif buat nemuin barang yang lebih bagus dibanding di kolom Sale. Kadang, baju atau barang-barang yang ada di bagian Sale ngga terlalu bagus modelnya, nah gue lebih pilih cari di kategori yang gue mau terus di filter deh. 
Kalian nemuin barang yang sama kayak di kategori Sale?  Tenang aja, emang beberapa website memasukkan barang Sale ke kategori barang dengan harga normal. Triknya, kalian bisa mulai di page atau halaman tengah, kayak 3 atau 4. Soalnya di halaman depan pasti kan tuh barang-barang kecil, contohnya di kategori pakaian, biasanya kaos atau pakaian dalam, termasuk barang Sale. 

Terakhir, coba kita liat contoh barang yang bakal muncul setelah di filter dari Harga Murah - Mahal :


Selama perjalanan gue dalam belanja online, sering banget nemu barang dengan harga yang di diskon parah banget! 

Contohnya jaket Billy Tjong for Zalora ini, dari harga 500 ribu jadi 200 ribuan. Bayagin aja ada orang yang beli itu dengan harga lebih mahal dari yang lo beli! Gue sih bahagia banget ngebayanginnya hahahahaha :p
Oiya, gue juga pernah tuh beli tas di Charles & Keith dari harga 650 ribu sekian jadi cuma 250 ribu aja! Yeay! Hehehe. 
Semakin biasa kalian ngelakuin ini, nanti keasah sendiri kemampuan belanja dan berburu barang murah diskon dengan kualitas yang ga jauh beda sama barang lainnya. Logikanya nih, jaket Billy Tjong itu harganya 549 ribu, kalian bisa dapet dengan harga cuma 274 ribu. Nah ga mungkin kan kualitasnya beda? Kalau ada kerusakan, kan bisa dibalikin. Lagipula, pas harganya 500 ribu, ada kan yang beli? 

Gitu deh cara gue belanja online/ offline. Bukannya pelit yaa emang sih..... tapi yaa meminimalkan pengeluaran dengan pendapatan yang maksimal, hehehe ngeles aja :p 
Selain dua cara di atas, gue juga pastinya belanja pas momen-momen Sale gede-gedean. Contohnya Harbolnas (Setiap tanggal 12 bulan 12 ) atau diskon akhir taun. Kalau pas momen kayak gitu, bisa banget belanja dengan harga 500 udah dari ujung kepala sampe ujung kaki loh! Bener deh, tinggal lebih jeli aja. 

Ngomongin belanja ga bakal ada habisnya sih, masih banyak banget, dan gue berencana buat kelanjutan How I Shop part 2!
Nah, kalau kalian sendiri gimana? Share dong cara kalian belanja! I would like to know

thanks for reading 
xoxo

0 komentar:

Posting Komentar