Rabu, 16 Agustus 2017

Memilih Pekerjaan : Sesuai Passion atau "Yang Penting Kerja?"

Hi guys!

Agak lama ya dari postingan soal #NgomonginKerjaan yang terakhir. Pengen bahas soal cari kerja atau milih kerjaan udah dari jauh-jauh hari sih, cuma belom dapet gregetnya aja. Nyari kerja emang susah, mau lulusan universitas terkenal sekalipun ya. Apalagi yang baru banget lulus alias fresh graduate. Sampai akhirnya pekerjaan impian harus direlakan demi status "kerja" dan kagak nganggur. Belum lagi keluarga yang pasti nanyain mulu. Ibaratnya mah, udah disekolahin mahal-mahal masa kagak kerja. Gue mau berbagai cerita dan pengalaman dikit soal kerja sesuai passion atau yang penting kerja ini, if you're interested, keep reading!

Bingung

Buat yang baru banget lulus, apalagi belum punya pengalaman kerja sana-sini, milih kerjaan suka bikin bingung sendiri. Tapi beda sama gue, bukan, gue bukan yang aktif banget sampe udah gak pusing lagi mau kerja dimana. Tapi waktu lulus gue tau, gue mau kerja as a writer. Entah wartawan atau content writer. Tapi jadi wartawan itu pilihan terakhir banget sih.

Waktu lulus, temen-temen otomatis juga banyak yang rame daftar kerja dimana-mana. Pokoknya obrolan gak jauh-jauh dari dunia kerja. Yang paling jelas keliatan di masa-masa itu adalah "apapun kerjaannya, yang penting kerja". Makanya gak heran beberapa orang di sekeliling gue daftar sebagai costumer service. I wasn't feeling it at all, walaupun sebenernya agak hopeless juga sih udah jarang dipanggil, dan temen-temen lain daftar jadi cs dan banyak yang keterima dan dengan hepinya punya kerjaan.

Goyah

Sempet lho saking gue bingungnya dan daripada nganggur, gue ikut daftar kerja buat acara Jakarta Fair tahun 2015. Dateng pake baju putih hitam, ngantri panjang, isi formulir cuma buat jadi spg dengan pemikiran yang penting kerja. Disitu gue gak sendiri sih, tapi tetep aja, I was "sad" that time. Dan gue pun gak keterima hahaha.

via GIPHY
Jangan sedih, gue juga akhirnya daftar jadi cs di perusahaan tv kabel dan lain-lain, walaupun akhirnya gak dateng pas wawancara. Soalnya, ya gue gak suka. Disini gue masih memperjuangkan passion dan ilmu gue. I won't waste what I have gitu lho. Pertimbangannya juga bakal susah lagi kalau mau pindah dan nyari pekerjaan yang gue mau, as a writer.

I don't know kalau di antar kalian ada yang ngalamin dan ngerasain yang sama. Antara jadi idealis dengan harus kerja sesuai passion atau yang penting kerja halal apapun itu. Gak ada yang salah jadi cs kok, cuma gue ngerasa that's not what I want for my career. Sampai akhirnya alhamdulillah ya, gue keterima jadi content writer di salah satu e-commerce.

Susah-susah Gampang


Yaa sama lah ya kayak cari kerja in general, susah-susah gampang. Apalagi kalau kayak gue yang ngotot harus sesuai keahlian atau passion. My first job wasn't the best at all, tapi at least gue tetep dalam jalur yang gue mau : nulis.

Gue gak bisa kasih pemecahan yang ajaib buat kalian yang masih cari kerja dan mungkin ada di posisi gue. Tapi ada beberapa advice yang bisa gue share ya..
Pertama, listen to your heart. Kalau kalian yakin keahlian dan passion kalian bisa bawa ke pekerjaan yang sesuai, keep going. Terus kalau udah helpless dan berasa "kayaknya gak bakal dapet", bisa mulai cari yang agak minggir. Atau do both at the same time. We'll never know kan, namanya juga fresh graduate lagi cari kerja.

Nah kalau kalian memilih buat cari kerja sesuai passion. Mulai sekarang, cari aktivitas yang bakal nambah nilai plus di CV. Bisa dari freelance, volunteer, atau bahkan ngeblog. Tapi kalau ngeblog yang rutin ya, jadi keliatan gitu faedahnya hahaha. Tapi kalau kalian ngejer kerjaan kayak yang serius-serius (bumn dll) ya bisa mulai belajar yang keras ya hahaha, I'm not into that world jadi gak ada tips buat ngejer disana.

Now

Thankfully gue on the right track, gue kerja as a content writer di agency gitu lah. Kalau dari awalnya udah "jelas" gue bisa lebih gampang arahnya. Misal awalnya gue jadi teller di bank terus mau pindah jadi content writer, pas ditanya HRD, jawab apa coba?

Gitu deh gengs cerita gue saat pilih-pilih kerjaan pas baru lulus. Rumit dan melelahkan. Apalagi dulu belum ada Gojek, kemana-mana naik kopaja ihh inget banget gue lelahnya. Kalian punya cerita cari kerjaan yang seru? Share dong guys!

xoxo
tarra

5 komentar:

  1. Wahh untung bgt mba... Bisa kerja yg sesuai passionnya. Banyak yg akhirnya menyerah krn tuntutan ekonomi

    BalasHapus
    Balasan
    1. urusan kerja emang dilema banget ya. butuh duit buat hidup jd keseringan yang disuka akhirnya dikorbanin

      Hapus
    2. Hmm gue pernah tuh di posisi itu. Yg penting ga nganggur dan pergi kerja. Tapi dengan doa, dan terus usaha ya akhirnya nemu juga hehehe

      Hapus
  2. Aku sih lebih milih passion dibandingkan asal kerja tapi nggak sesuai dengan passion, karena aku orang tipekal gx mau disuruh ini itu yg gx sesuai dengan pikiranku. Idealis banget sih.

    BalasHapus
  3. Aku baru lulus 25 April kmren mbk. Ngumpul sma teman jg ngomongnyanya kerjaan. Aku jg pengen kerja sesuai passion. Makasih loh mbk sharingnya. Salam, muthihauradotcom

    BalasHapus