"Susah"-nya Jadi Beauty Vlogger ( Pengalaman 2 Bulan Bikin Video YouTube ) | Tarra Talk

7:30:00 AM

Helooo

Berhubung jadi vlogger atau YouTuber lagi in banget, dan gue juga jadi merambah medsos yang "susah"itu akhir-akhir ini, lebih baiknya gue juga bahas kesusahan mau jadi vlogger/YouTuber. Entah apa ya yang bikin YouTube booming banget belakangan. Kategori beauty atau kecantikan bahkan jadi digandrungin banget. 


Buat yang pengen ikutan eksis kayak beauty YouTuber kondang, pasti pernah seenggaknya kepikiran bikin video tutorial juga. Gue adalah salah satunya. Gue udah nontonin video beauty gitu dari jaman Michelle Phan belom punya EM Cosmetics, terus beauty vlogger di Indonesia baru Minyo doang, itupun videonya standar banget belom ada kecanggihan diva ring light dan lain-lain. 


Kepengennya bikin video itu gak bisa gue langsung wujudkan karena "susah" buat dapetin hasil oke kayak video yang gue tonton di YouTube. Akhirnya, niat mau ikutan bikin video ya gue simpen aja gitu. Belakangan ini, masuk tahun 2015, mulai banyak muncul beauty vlogger dari Indonesia. 

Singkat cerita, karena akhirnya gue punya kamera (dibeliin bokap haha), akhir tahun lalu gue coba bikin video ah, ternyata, beneran susah!

Susah Banget Mau Flawless 

https://www.youtube.com/watch?v=nFVn75pLC5w
se-flawles Sarah Ayu gini lhoooo! I worship her makeup omg


Tanpa gue sadari, standar video bagus yang ada di kepala gue adalah seperti video di YouTube yang sering gue liat. Disitu gue mulai cari apa aja sih peralatannya, ternyata pada pake lighting, mulai dari ring light sampe lighting yang ada payung itemnya hahaha. Belum lagi mereka para beauty vlogger itu ngedit pake Final Cut Pro, cuma ada di Macbook, duh ileee ekke punyanya Windows cin. 

Belum lagi audionya, pake mic portable yang ada bulu-bulu itu biar suaranya kece. Duh susah banget ya. Harganya mahal-mahal lagi, kalau dijumlah bisa 10 jutaan kalau punya perlengkapan lengkap kap kap biar videonya sekinclong beauty vlogger. 

Well...


That was my thought when first time I want to try this YouTube thing. Dan menurut gue pemikiran itu SALAH. Karena pemikiran itu gue jadi SUSAH sendiri. Gue akhirnya sadar, beauty vlogger sekelas Kathleen Lights, Michelle Phan, Judy dari It's Judy Time sekalipun mulai bikin video cuma dari kamera seadanya! Gak ada diva ring light yang bisa bikin kulit flawless, gak ada audio kece yang bisa rekam suara sempurna, dan gak ada editing level dewa di video pertama mereka. 

Gue mulai menempatkan diri sebagai "pemula", dengan barang seadanya, gue bisa bikin video, bodo amat kalau kualitasnya gak sekeren beauty vlogger kondang. Yang penting, gue mau bikin video! Gue pun akhirnya belajar ngedit sendiri dengan cari software yang gampang, dan gak maksain pake Final Cut Pro yang toh sebenarnya punya fitur sama dengan software video editing lainnya. 

Jelek

my first video ever

Yep, it was crappy as hell. Video pertama gue jelek banget. Di video kedua, tiga, sampai keempat masih meh banget. But I do believe in learning. Gue juga pernah nonton videonya Shameless Maya (she's great!) soal editing dan filming. Dia bilang, "Biarkan lo berkembang dengan sendirinya." Intinya, semakin sering lo buat video, lo akan belajar, apa yang lo butuh, improvement apa yang perlu lo lakukan. Disitu kalian bakal ngerti dan tumbuh seiring dengan kesalahan-kesalahan yang kita perbuat. 

I was like, you're right girl! I'm gonna make more videos then. Shameless Maya juga bilang, dengan lo gak punya apa-apa, justru kreatifitas lo diuji, gimana bikin hasil yang oke dengan keadaan terbatas. Moral of the story yang gue tangkep *ceile* adalah jangan bikin keterbatasan itu menghalangi apa yang lo mau lakukan. Mikir dan temuin cara termungkin yang bisa dilakukan buat wujudin keinginan itu. Sesimpel bikin video YouTube aja masa harus nunggu mampu beli ring light? Begitu udah mampu, eh yang lain udah punya studio sendiri, hehehehe. 

Well.. now here I am, walaupun yang subscribe baru 8 orang hahaha, but I'm doing it anyway, karena seru dan gue lagi suka aja. So far so good, dan gue bisa liat kemajuan dikit demi sedikit dari video yang gue buat. 

Kalau kalian kepentok karena gak punya "alat tempur" YouTuber yang keren-keren, huff kapan jadinya video kamu? *sok jadi motivator* 

Okeh, sekian curhatan sayah hari ini, lagi kepikiran bahas soal per-YouTuban ini jadi gak enak kalau gak dimuntahkan di blog tersayang ini yang umurnya udah mau 3 tahun!! OMG, bikin giveaway apa? Hahaha. Thank you yang udah baca, buat yang baru-baru bikin YouTube, boleh share yuk pengalamannya. 

You Might Also Like

3 comments

  1. Aku juga mulai dari kamera seadanya dan pake lampu belajar, but progressnya itu lho Tar yang nggak akan bisa kamu lupain seumur hidupmu ketika kamu jadi beauty vlogger kondang ntar *amin*

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
  2. Hehehe iya mbak, dengan perlatan seadanya pun bisa kok bikin video bagus. Moga videonya menginspirasi ya mbak :)

    ReplyDelete
  3. At least mbanya sudah memulai, semangat ya mba :)

    Btw aku juga suka banget makeup ma Sarah:)

    ReplyDelete

Part of

Blogger Perempuan

Squad

Also In

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

Labels