Selasa, 16 Mei 2017

Online Shop Terfavorit HeyTarra | Shopping 101

Hey gengs!

Kali ini gue mau bahas soal belanja belanji di online shop. Sebelum kita mulai, yang harus diperhatikan disini, online shop yang gue maksud adalah e-commerce. Jadi bukan olshop sista-sista di Instagram dan media sosial lainnya.



Gue udah kenal belanja online lama banget, sejak 2011 kali ya.. waktu itu online shop masih banyak di Facebook. Model e-commerce kayak Tokopedia gitu belum terkenal, dan mungkin belum ada? Barang pertama yang gue beli di olshop Facebook adalah baju yang asli norak abis, gue pun bingung kenapa beli tuh baju pas dilihat-lihat sekarang ini.

Baru sekitar tahun 2013-an mulai muncul olshop berjenis e-commerce, kayak TokoBagus yang sekarang jadi OLX dan Zalora gitu. I'm not sure when and why I discover them, tapi kalau gak salah ya dari iklan-iklan di internet. Dari banyaknya e-commerce yang udah gue coba, lima diantaranya termasuk yang paling sering gue datangi dan favorit buat belanja.


Lazada


Ngomongin soal belanja online, Lazada jadi yang pertama muncul di kepala gue. So far, gue belum pernah ( jangan sampai ) kecewa belanja di Lazada. Fyi, Lazada ini tipenya marketplace, dimana banyak yang jualan disitu. Jadi bkn si Lazada doang yang jualan, kalian bisa jualan disini juga, kayak Tokopedia gitu deh.

Why I Love Lazada?

  • Pertama, free ongkir! Ini sih jadi standar banget buat gue. Maklum anaknya pelit  ngirit gak mau keluar 9ribu hehehe. Kebanyakan barang bakal gratis ongkir di atas pembelian 30 - 50 ribuan, tergantung barang ya. Buat ke luar kota gue sih kurang tau.
  • Kedua, bayar via virtual account. Ini sih udah mulai banyak ya, tapi dulu baru Lazada sih yang gue temuin punya fitur ini. Enaknya, kita gak perlu konfirmasi pembayaran yang annoying itu, pake upload struk segala lah, ribet.
Kekurangan Lazada 

  • Secara umum kekurangan Lazada itu soal review produk. Setau gue sampe tulisan ini naik, siapa aja bisa kasih review ke suatu produk. Which is aneh dan bikin bingung. Emang sih buat yang beneran beli ada tulisan "certified buyer" tapi tetep aja, dari luar keliatannya punya 5 bintang dengan banyak ulasan. Pas dibuka jeng jeng, isinya ulasan yang gak bermutu.
  • Kosmetiknya mahal! Kecuali yang jual official storenya ya. Pokoknya kalau cari kosmetik, Lazada itu lewat deh, kalah harga. Jenisnya juga terbatas.
  • Layout barang fashion kurang menarik. I prefer looking at Berrybenka atau Zalora buat cari baju-baju gitu. Layoutnya gak banget, ya namanya juga marketplace sih ya.. wajarin aja. 
Overall, it's an okay place to shop. Tapi gue akan selalu balik kalau butuh perintilan, contohnya beli aksesoris gadget kayak charger, tripod, dan lain-lain. Kenapa? Karena Lazada termasuk yang free ongkir!

Berrybenka


Walaupun gue gak beli, tapi Berrybenka jadi tempat asik buat window shopping online hehehe. 

Why I Love Berrybenka
  • Murah-murah bajunya. Beda sama Zalora yang lebih middle-high, Berrybenka lebih murah sih.
  • Stylenya simple dan minimalis gitu, which something I like. 
  • Fotonya gede dan jelas
  • Sering ada diskonan, walaupun kalau diperhatiin, diskonnya Berrybenka hampir sama aja. Kalau gak beli 2 harga Rp 200ribuan, ya beli 3 gratis 1. 
  • Banyak aksesoris lucu, walaupun belom pernah beli (definetely my wishlist)
  • Packaging yang uber cute! 
Kekurangan Berrybenka
  • DULU sih free ongkir yaa huhuhu. Sekarang setelah punya offline store, doi gak gratis ongkir lagi. Tapi tenang, bisa diakalin sama kode voucher Berrybenka yang tersebar di internet.
  • Kualitas pakaian biasa aja. Harga emang gak boong, mostly baju di Berrybenka itu tipis sih menurut gue. Kalau pakenya gradakan, dijamin gampang sobek. Ada harga ada kualitas. Gue sekalian beli pas diskonan daripada beli full price ( koleksi baru biasanya dijual mahal dari 200-300 ribuan).
Secara keseluruhan, gue tetep suka kok. Itu tadi, kalau lagi laper mata pengen beli baju baru tanpa ngebobolin rekening, Berrybenka pilihannya. (Bukan iklan!)


Sociolla


Ini gudangnya kosmetik nih. Termasuk favorit walaupun bukan yang favorit banget, karena lebih pilih Twlcosmetics, belanjamimo, dan olshop Instagram lainnya. 

Why I Love Sociolla 
  • Termasuk banyak diskon juga
  • Free ongkos kirim di atas 100ribu
  • Packagingnya lucu!
  • Banyak brand ternama yang gak punya olshop sendiri, daripada ke counter kan suka males ya
Kekurangan Sociolla
  • Masih kurang banyak produk lokal yang biasa ada di pasar ( purbasari, viva, sariayu, aubeau, dan lain-lain) Walaupun merek-merek itu sebenernya juga punya olshop. But it nice to have. Apalagi produk lokal lagi on fire banget kan. 
  • Buat di Beautylink sendiri, gue kurang suka karena harganya jauh lebih mahal :(

Jakartanotebook / Jakmall


Ini khusus buat beli aksesoris gadget. Alternatif Lazada. Sebenernya gue demen beli di Jakartanotebook, tapi mulai akhir tahun kemaren kalau gak salah, pembelian jadi di Jakmall. I don't know why tapi so far oke aja kok.

Why I Love Jakartanotebook / Jakmall
  • Banyak variasi barangnya
  • aksesoris gadget murah-murah 
  • Pengiriman cepet banget! Bahkan hari Minggu pun nyampe lho!
Kekurangan Jakartanotebook / Jakmall 
  • Barangnya laku banget kayaknya, jadi banyak yang habis. Terus kalau udah habis suka jarang yang jual barang sama. 
Mungkin itu aja sih kekurangannya, secara gue cuma cari aksesoris gadget aja di Jakartanotebook. Jadi buat produk lain kayak tas, kosmetik dan lain-lainnya gue kurang tau ya. Ada yang pernah beli barang selain barang elektronik di Jakartanotebook? Boleh dong dishare!

Itu dia e-commerce yang paling sering gue kunjungi buat belanja. Bisa diliat sih, hal yang gue suka dari e-commerce adalah fasilitas free ongkir dan virtual account yang memudahkan konfirmasi pembayaran. Sejauh ini belum pernah ada kendala aneh-aneh sih. Paling cuma pengiriman yang kadang lama, khususnya buat di marketplace. Nah kalau kalian e-commerce mana yang jadi favorit buat belanja dan kenapa?

thank you for reading!
xoxo

3 komentar:

  1. hai salam kenal!
    Saya suka juga Berrybenka dan Jakartanotebook. Tapi untuk versi appsnya, Berrybenka kurang friendly dan suka crash.
    Sociolla belom pernah coba dan Lazada pernah punya bad experience jadi agak kapok deh pake lagi.
    Mau share top 3 e-commerce favorit saya
    1. Shopee, beberapa barang yang saya rutin beli seperti diapers, harganya lebih murah kalo dibandingkan dengan Tokopedia. Gratis ongkir! Tapi di atas pembelian 120rb.
    2. Tokopedia, harga barang-barangnya bersaing dengan yang ada di shopee. Tapi saya suka fitur pengiriman via Gojek kalau tokonya ada di jabodetabek.
    3. Zalora versi appsnya. User friendly dan fiturnya cukup lengkap. Sangat memudahkan pada saat pencarian.

    Sekian sharenya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo! Salam kenal juga.
      Kalau aku sendiri sih kurang suka belanja via apps soalnya makan tempat di hp hehe, jadi klo lagi ada promo doang didownlod :p
      Aku jg tertarik belanja di shopee tp blm kesampean, cuma jualan aja disitu haha.

      Thank you sharingnya ya ^^

      Hapus
  2. Lazada fave aku jugaa sampe sekarang. Udh pernah nyoba yg lain ttp baliknya ke dia lagi😂

    BalasHapus