Kerjaannya Content Writer | Ngobrolin Kerjaan

3:44:00 PM

Hola!

Kali ini gue mau Ngobrolin Kerjaan seputar kerjaan gue, yaitu Content Writer. Apa sih kerjaannya seorang content writer? Buat kalian yang baru lulus atau bahkan udah lama kerja mungkin ada yang belum familiar dengan jenis pekerjaan satu ini. Gue aja nemu kerjaan jadi content writer setelah lulus pas cari-cari di situs pencarian kerja. Karena "responsibility" di keterangan lowongan kerja cuma nulis doang, ya gue pikir nulis tok. Padahal kerjaannya content writer gak cuma itu doang!

foto via shutterstock

Now, let's talk about the responsibilities first. Di banyak lowongan kerjaan, jobdesk content writer gak jauh-jauh dari "menulis artikel sebanyak bla bla", "familiar dengan ms. office", dan masih banyak lagi. Tapi kebanyakan dan secara umum, memang kemampuan nulis yang dibutuhkan. Tapi apa iya setiap perusahaan yang punya content writer kerjaannya sama? Jawabannya nggak!


via GIPHY

Content Writer E-Commerce


Ada e-commerce (bahasa gaulnya olshop) yang punya dua jenis content writer. Pertama, yang nulis deksripsi produk yang dijual di olshopnya. Kedua, writer yang isi blog si olshop, berarti ini harus bisa nulis artikel. Kalau content writer e-commerce yang nulis deskripsi ya kerjaannya ngisi deskripsi barang. Berapa ukurannya, bahannya gimana, cara pakainya dan lain-lain. Gak cuma itu, lo juga bakal diajarin soal input tulisan ke sistem atau websitenya. Karena gak mungkin dong, mentah dari ms.word diupload gitu aja atau kayak nulis blog. Tulisan harus berubah jadi html, wah serem dan susah ya kedengerannya. Tenang, tinggal copas doang, tulisan lo bisa jadi html di situs kayak Tinymce.

Sedangkan buat penulis blognya, biasanya mereka juga nulis buat kepentingan perusahaan kayak ngeliput acara kantor dan lain-lain. Kerjaannya juga sedikit lebih bervariasi dan gak monoton kayak content writer buat isi deskripsi barang.

Content Writer di Agency


Nah kalau di agency apalagi sejenis advertising agency, kerjaannya lebih kompleks lagi sih dari yang gue lihat dan dengar ya.. Nulis artikel cuma salah satunya aja. Ibarat kata, kerja di agency itu isinya ngerjain permintaan klien. Bentuknya bisa dalam isi artikel di website klien, bisa juga nulis acara klien dan lain-lain. Lebih banyak jenisnya dan gak terlalu monoton. Tiap agency juga beda-beda pastinya.


Bukan Cuma Nulis


Nantinya lo yang bakal atau mau jadi content writer bakal dituntut gak sekedar bisa nulis, tapi setidaknya bisa liputan ala wartawan. Walaupun gak sampe kejer-kejer narsum dan wawancara politisi gitu yaa.. tapi kalian harus punya basic penulisan berdasarkan event. Kalau ada event a, harus ada tulisan serunya di blog klien atau di website perusahaan kan.. nah disitu tanggung jawab content writer biasanya.

Multitasking


Nilai plus lagi kalau lo bisa ngedit foto dan video. Ibarat kata, content creator deh, jadi gak cuma bisa nulis tapi juga isi konten lain. Gue sendiri belom bisa sejago desainer grafis, dan kalian juga gak harus sejago itu. Seenggaknya tau cara dasar edit foto dan bisa potong-potong video itu nilai plus banget sih menurut gue. Karena jaman sekarang kerjaan suka dobel - dobel. Bukan berarti lo disuruh ngerjain kerjaan di luar tanggung jawab, tapi karena biar efisien dan efektif juga. Bayangin lo nulis, foto dan ilustrasinya lo juga harus bisa nentuin dong. Nah, kalau lo bisa ambil foto bagus, kan lebih keren tuh.. seperti ituuuu.

Buat yang hobi nulis kayak gue, pekerjaan content writer yang muncul karena perkembangan internet ini menguntungkan banget. Karena kesempatan kerja sesuai hobi jadi lebih besar. Gue sendiri pun gak pernah terpikir kalau kemampuan gue nulis bisa jadi kerjaan. Karena dulu kan taunya kalau gak jadi penulis novel ya wartawan. Tapi sekarang, bikin artikel aja bisa cari data via internet dan itu lah pekerjaan dasar content writer.

Jenjang Karir 


Ngomongin jenjang karir, balik lagi ke perusahaannya. Tapi secara umum, tingkatannya dari content writer lama-lama jadi content editor yang bakal mengatur content writer dan mengedit hasil tulisan writer. Di atasnya ada managing editor yang membawahi editor. Kurang lebih kayak di media-media lah ya.. Makin ke atas kerjaannya makin kurang nulisnya. Karena kewajiban udah beralih ke managing, atau mengatur alur kerja ketimbang nulis itu sendiri walaupun sesekali bisa lah nulis.

Well kurang lebih itu sih kerjaannya seorang content writer. Nah, kalau kalian masih punya pertanyaan seputar kerjaan tulis menulis ini bisa komen di bawah ya! Btw, ada yang pengen jadi content writer disini? Atau malah udah tahunan jadi content writer?

thanks for reading
xoxo
heytarra

You Might Also Like

13 comments

  1. thanks mba Dini, senang banget dapet pengetahuan baru seputar content writer. saya ... saya .. kepengen jadi content writer :D buat newbie seperti saya apa yang bisa saya lakukan mbak agar mendapat job tersebut? apakah ngelamar atau gabung dengan sebuah agency? makasih yaaa ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pastinya ngelamar jadi content writer hehehe

      Delete
  2. kurang satuu content writer di mediaa.. hehe *nunjuk diri sendiri*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iyaa ada bedanya gak sm yg aku tulis?

      Delete
    2. kalo dari pengalaman aku sih kayak content writer blog e-commerce dan content writer agency yang kerjaanya digabung hehe T_T

      Delete
    3. haha semangat ngetik sampe keriting!

      Delete
  3. Hai,

    bener banget dengan sharing kamu, bahkan sekarang content writer side job dari para blogger ya.

    alsheilaaa.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya biar gak nulis buat kantor doang haha

      Delete
  4. Mau nambahin nh sbg ex anak agency utk content writer di agency. Dia juga harus qc (quality control) konten, ngecek kl gada typo dan kata2 yg aneh. Dan mereka kerja under deadline yg super tight. Jd harus siap mental deh. Hehhe.

    Elisabethgultom.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya ntu deadline! Habis satu, muncul lg yang baru huhuhu

      Delete
  5. thank you mbak dini infonya. Saya selama ini "ngelirik" kerjaan ini soalnya. kalo suka dukanya apa sih ? boleh tuh nanti dibahas juga infonya :)

    ReplyDelete
  6. Menarik juga ya Mbak jadi content writer, kita lebih tahu banyak karena harus banyak informasi, dan kemudian menuliskannya lagi. Sepertinya saya akan menekuni profesi ini. Terima kasih infonya Mbak! Salam dari saya blogger Aceh. Silahkan berkunjung ke rumah ku www.yellsaints.com

    ReplyDelete

Part of

Blogger Perempuan

Squad

Also In

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

Labels