Minggu, 18 Desember 2016

Hari Pertama Kerja ( Fresh Graduate Version ) | Ngomongin Kerjaan

Hai gengs!


Lumayan lama nih gak bahas soal dunia kerja. Padahal menarik banget, dan gue mau bikin rutin. Semoga tahun depan bisa serajin review kosmetik yaa.. amin. Oke, edisi Ngomongin Kerjaan kali ini gue mau cerita rasanya masuk kerja pertama kali sebagai fresh graduate. Buat yang belum tau, gue udah hampir 2 tahun kerja sih sejak lulus di Desember 2014. Tapi gue masih inget banget rasanya waktu pertama kali, sebagai anak baru lulus, masuk kerja kantoran waktu itu. Lanjut baca di bawah yes!



Waktu akhirnya gue pertama kali dapet kerjaan, suer gue gak kebayang bakal gimana gitu keadaannya. Nanya-nanya sih pasti ya, tapi gak kebayang jelas juga. Waktu magang kan gue jadi wartawan, jadi kerjanya mobile alias keluyuran, gak tau kondisi di kantor kerja sama sesama temen kantor.

Deg-degan? Udah pasti, banyak takutnya sih gue. Takut gue gak ngerti cara kerjanya, takut gue kerjanya salah dan lain sebagainya. Tapi temen gue bilang, kalau lo salah dan nanya mulu, gak akan aneh kok, 3 bulan pertama kan emang probation, penyesuaian buat orang yang baru masuk satu kantor. Oke, dari situ gue mulai tenang.

Hari Pertama 

via GIPHY

Gue datang dengan baju kemeja hitam dan jeans item, i know.. kelam banget ye hahaha, but mostly my clothes are monochrome, so..
Well, di kantor yang pertama ini, gue ketemu HRD dulu yang pasti lo udah pernah lihat waktu proses wawancara dan seleksi. Dari situ gue dikasih id card dan akses buat masuk gedung. Lanjut, gue dikumpulin di ruang meeting sama orang-orang yang masuk juga hari itu pertama kali. Ada yang posisinya udah team leader, ada juga yang fresh graduate. Kurang lebih ada 7 orang deh kalau gak salah. Nah, disini kita difoto bareng-bareng buat nanti disebar ke email karyawan di sana, perkenalan lewat email gitu lah..

Lanjut, abis foto-foto, karyawan baru ini, termasuk gue diajak keliling kantor buat dikenalin ke satu persatu orang yang ada di dalam kantor. Iye, satu persatu, salaman, kenalan gue Marshanda, divisi a, pokoknya persis kayak lo silaturahmi abis solat idul fitri deh. Buat yang karyawannya sedikit sih enak, tapi di kantor gue waktu itu ada dua lantai dengan jumlah karyawan ratusan hahaha.

Ya.. tapi ada juga yang gak ada disitu, karena kantor gue ini digital, jadi lebih santai dan gak yang formal banget, jadi kayak kenalan sama anak kampus aja, banyak yang seumuran soalnya. Setelah kelar, langsung diunjukin tempat duduk gue. Disitu, apa yang terjadi?

Bengong

Pertama, gue gak bawa laptop, kedua, laptop kantor belom tersedia, jadi yaa.. gue bengong aja ngeliatin temen se-divisi gue kerja. Gue sih main hp aja, walaupun agak canggung, ini gue gak papa nih bengong? hehe. Tapi gak lama abis makan siang, dikasih laptop beserta tanda terima, disini gue tanda tangan buat bukti kalau gue udah pegang properti kantor, ya laptop beserta aksesorisnya.

Kerja Beneran

Abis gue dapet laptop, ketua tim ngasih tau step by step apa sih yang bakal lo kerjain setiap harinya. Semacam basic task gitu. Karena gak begitu rumit, gue bisa ikutin, walaupun gue gak nyampe target hari itu. Kenapa? Ya.. laptop aja baru dapet pas makan siang, dan gue belom ketemu "pegangan" buat ngerjain dengan cepat dan mantep, tsaah.

Ternyata lumayan berat banget, buat gue yang belom pernah kerja kantoran. Asli, pulang kantor gue cuapek nauzubillah deh. Ih parah, kayak abis bangun candi. Padahal kerjaan gue ngetik doang. Masih penyesuaian kali ya.. Tapi dari situ gue ngerti, nyari duit itu susah jendral!!

Temen

via GIPHY
ngejer target be like..

Jangan harap lo langsung akrab dan dapet temen di hari pertama, kenapa? Ya.. kalau gue sih lagi fokus sama menyesuaikan diri sama kerjaan ya. Kenalan sih pasti, tanya-tanya juga pasti sering, tapi ya gak bisa langsung deket bro sist gitu lah ya..Mungkin kalau lo supel banget, bisa jadi udah bro sist sama karyawan kantor baru.

Tapi yang paling gue inget banget adalah rasa capeknya hahaha. Oiya sama deg-degan itu lah, takut banget gitu kayaknya waktu gak bisa sampe target. Tapi karena gak diomelin dan dimengerti gue baru apalagi laptop baru dateng siang, jadi.. yoo wis.

Begitu jam 6, huhuh lega banget sih. Akhirnya, bisa pulang walaupun gak enak, balik lagi gara-gara target itu tuh, hehe. Tapi gue pulang juga setelah ditanya sama anak sedivisi gue, "udah jam 6, gak balik?" baru deh gue balik hahaha, kaku banget ya sist!

Oke, segitu aja cerita pengalaman hari pertama kerja sebagai fresh graduate yang masih malu-malu kucing. Kalau lo, gimana waktu pertama kali masuk kerja nih? Masih tegang kayak gue atau lemes aja kerjanya? Buat yang mau tanya-tanya boleh lho, jangan lupa dishare juga ya! Kali aja ada yang mau masuk kerja, biar ada bayangan gitu hehe.

thanks for reading!
xoxo

22 komentar:

  1. Hihihi..seru hari pertama kerjanya ..Semoga makin sukses hari-hari selanjutnya :)

    BalasHapus
  2. Kerja sekalipun udah beberapa kali pindah, tetep aja kalau first day selalu deg-degan :D

    BalasHapus
  3. Wkwkw wajar mbaak kalau awal" masih tegang. Lucuu bacanya 😁

    BalasHapus
  4. Jd keinget awal masuk kantor dpt rekan kerja nyebelin, untung tak lama kemudian dia resign hehe

    BalasHapus
  5. Sama nih aku masih fresh graduate tp blom ngrasain kerja kantoran huhu

    www.extraodiary.com

    BalasHapus
  6. salam kenal mbak
    saya juga fresh graduate, jurusan pendidikan matematika
    baru dua hari kerja di divisi staff finance..
    yg pasti saya ga tahu dasar dasar AK

    hari pertama kerja saya belum dapet meja sendiri, karena orang yg mau saya gantiin resignnya bulan januari, jadi saya duduk di bangku kecil gt, sambil dengerin dia ngasih penjelasan.
    Sebelum keruangan, saya juga keliling kantor dan salaman begitu mana kantornya 4 lantai.

    Spvnya cukup tanggap, beliau minta tolong ke rekan kerja lain untuk ngajarin saya beberapa tugas kantor yang dasar di perusahaan itu. Saya bawa buku catetan, tapi ya gt nyatet ga bisa rapi karena bingung jg yg ngajarin jelasinnya gmn.

    Hari pertama itu intinya saya udh di kasih kerjaan walau enggak banyak dan saya masih nanya mulu. Pas makan siang, saya diajakin makan bareng. Orang-orangnya baik-baik untungnya mbak.
    Selesai makan siang saya bingung ngapain, saya pun nanya ke rekan kerja yg ngajarin saya tadi, dia juga bingung mau ngasih saya kerjaan apa, akhirnya rekan yg lain ngasih saya kerjaan. Ehh tiba-tiba manager dtng nyamperin saya dan nanya gimana sama bilang kalau g tau nanya aja biar g salah.

    Hari kedua, masih belum dapet meja. Saya di kasih kerjaan lagi sama rekan yg lain, saya sih seneng aja biar g nganggur. Terus Spv nyaperin ngajak ngomong dan barulah di kasih jobdesc. Besok hari ketiga, dan mbak yang sya gantiin pun udah keluar.Saya makin takut ntar gimana kerjanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi.. Sabar dan tenang aja, jadi fresh graduate yg baru bgt kerja emng gitu. Serba gimana gimana. Takut ini itu, nantinya sebulan dua bulan udh keliatan kok pola kerjanya. Ikutin alurnya aja dan bener kata spv km, jangan takut nanya. Namanya jg anak baru, wajar banget kok 😊 good luck ya!

      Hapus
  7. Baru 3 hari kerja dan nyesel dulu kuliah main2 krn ngerasa ga sesuai sm bidang gua. Skrg gua bekerja di pabrik dan ngerasa kaya belajar dari 0 lagi. Malu bgt sih sm senior2 gua apalagi sm manajer takutnya dikira salah masukin orang. Tp gua selalu belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Helo Harry! Jangan disesalin yg udah-udah, bener banget harus selalu belajar. Dunia kerja jauh beda sama pas kuliah kok, pokoknya jgn patah semangat dan sll nanya sama senior2, itu saran gue sih hehehe. Mangat ya!!

      Hapus
  8. Baru 3 hari kerja dan nyesel dulu kuliah main2 krn ngerasa ga sesuai sm bidang gua. Skrg gua bekerja di pabrik dan ngerasa kaya belajar dari 0 lagi. Malu bgt sih sm senior2 gua apalagi sm manajer takutnya dikira salah masukin orang. Tp gua selalu belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kelak aku bisa ceritain pengalaman pertama kerja ku di sini

      Hapus
    2. ditunggu cerita hari pertama kerjanya ya :)

      Hapus
  9. Hari ini hari pertama gue kerja sebagai fresh graduate, dan bener gue BENGONG 3 jam pertama, rasanya bnr2 mau nangis dan nyesel, apalagi perusahaan nya rantau beda pulau jauh bgt dr rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heyy, tenang aja gak apa-apa namanya juga baru. Pasti bingung dan gak enak banget, tapi jalanin aja dulu, better days will come kok :) semangat ya!

      Hapus
  10. Hr ni hr kdua krja dan udh 2 hari ak masih bingung gk ada yg bisa d tanya :( ak jrusan design interior gntiin org yg satu2nya dh kluar dluan.. Cm bisa nanya lewat wa dan ak masi gk paham sbnr nya klo via wa.. Deg2an udh 2 hari krna bingung tak berujung gni .. Smoga bisa brtahan :(

    BalasHapus
  11. Pertama Gua pernah jadi Tukang Kayu, terus pernah Jualan Jagung Bakar, teruS pernah jadi Sales, Costumer Servis, Teller, Marketing, Detailer, Pengamen, Buka Jasa Pengetikan Komputer, Dagang ATK, Surveyor, Site Engineer, Building Inspektur, dan sekarang gua seorang Project Engineer di PT. Summarecon Agung Tbk. (Summarecon Bandung), dari profesi yg gua sebut di atas masih ada beberapa yang gua lupa hehe.., salam sehat selalu

    BalasHapus
  12. nanti senin aku mulai kerja untuk yg pertama kali sumpah deg degan banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good luck! Agak telat ya, tell me your 1st day!

      Hapus