Hari Pertama Kerja ( Fresh Graduate Version ) | Ngomongin Kerjaan

6:00:00 AM

Hai gengs!


Lumayan lama nih gak bahas soal dunia kerja. Padahal menarik banget, dan gue mau bikin rutin. Semoga tahun depan bisa serajin review kosmetik yaa.. amin. Oke, edisi Ngomongin Kerjaan kali ini gue mau cerita rasanya masuk kerja pertama kali sebagai fresh graduate. Buat yang belum tau, gue udah hampir 2 tahun kerja sih sejak lulus di Desember 2014. Tapi gue masih inget banget rasanya waktu pertama kali, sebagai anak baru lulus, masuk kerja kantoran waktu itu. Lanjut baca di bawah yes!



Waktu akhirnya gue pertama kali dapet kerjaan, suer gue gak kebayang bakal gimana gitu keadaannya. Nanya-nanya sih pasti ya, tapi gak kebayang jelas juga. Waktu magang kan gue jadi wartawan, jadi kerjanya mobile alias keluyuran, gak tau kondisi di kantor kerja sama sesama temen kantor.

Deg-degan? Udah pasti, banyak takutnya sih gue. Takut gue gak ngerti cara kerjanya, takut gue kerjanya salah dan lain sebagainya. Tapi temen gue bilang, kalau lo salah dan nanya mulu, gak akan aneh kok, 3 bulan pertama kan emang probation, penyesuaian buat orang yang baru masuk satu kantor. Oke, dari situ gue mulai tenang.

Hari Pertama 

via GIPHY

Gue datang dengan baju kemeja hitam dan jeans item, i know.. kelam banget ye hahaha, but mostly my clothes are monochrome, so..
Well, di kantor yang pertama ini, gue ketemu HRD dulu yang pasti lo udah pernah lihat waktu proses wawancara dan seleksi. Dari situ gue dikasih id card dan akses buat masuk gedung. Lanjut, gue dikumpulin di ruang meeting sama orang-orang yang masuk juga hari itu pertama kali. Ada yang posisinya udah team leader, ada juga yang fresh graduate. Kurang lebih ada 7 orang deh kalau gak salah. Nah, disini kita difoto bareng-bareng buat nanti disebar ke email karyawan di sana, perkenalan lewat email gitu lah..

Lanjut, abis foto-foto, karyawan baru ini, termasuk gue diajak keliling kantor buat dikenalin ke satu persatu orang yang ada di dalam kantor. Iye, satu persatu, salaman, kenalan gue Marshanda, divisi a, pokoknya persis kayak lo silaturahmi abis solat idul fitri deh. Buat yang karyawannya sedikit sih enak, tapi di kantor gue waktu itu ada dua lantai dengan jumlah karyawan ratusan hahaha.

Ya.. tapi ada juga yang gak ada disitu, karena kantor gue ini digital, jadi lebih santai dan gak yang formal banget, jadi kayak kenalan sama anak kampus aja, banyak yang seumuran soalnya. Setelah kelar, langsung diunjukin tempat duduk gue. Disitu, apa yang terjadi?

Bengong

Pertama, gue gak bawa laptop, kedua, laptop kantor belom tersedia, jadi yaa.. gue bengong aja ngeliatin temen se-divisi gue kerja. Gue sih main hp aja, walaupun agak canggung, ini gue gak papa nih bengong? hehe. Tapi gak lama abis makan siang, dikasih laptop beserta tanda terima, disini gue tanda tangan buat bukti kalau gue udah pegang properti kantor, ya laptop beserta aksesorisnya.

Kerja Beneran

Abis gue dapet laptop, ketua tim ngasih tau step by step apa sih yang bakal lo kerjain setiap harinya. Semacam basic task gitu. Karena gak begitu rumit, gue bisa ikutin, walaupun gue gak nyampe target hari itu. Kenapa? Ya.. laptop aja baru dapet pas makan siang, dan gue belom ketemu "pegangan" buat ngerjain dengan cepat dan mantep, tsaah.

Ternyata lumayan berat banget, buat gue yang belom pernah kerja kantoran. Asli, pulang kantor gue cuapek nauzubillah deh. Ih parah, kayak abis bangun candi. Padahal kerjaan gue ngetik doang. Masih penyesuaian kali ya.. Tapi dari situ gue ngerti, nyari duit itu susah jendral!!

Temen

via GIPHY
ngejer target be like..

Jangan harap lo langsung akrab dan dapet temen di hari pertama, kenapa? Ya.. kalau gue sih lagi fokus sama menyesuaikan diri sama kerjaan ya. Kenalan sih pasti, tanya-tanya juga pasti sering, tapi ya gak bisa langsung deket bro sist gitu lah ya..Mungkin kalau lo supel banget, bisa jadi udah bro sist sama karyawan kantor baru.

Tapi yang paling gue inget banget adalah rasa capeknya hahaha. Oiya sama deg-degan itu lah, takut banget gitu kayaknya waktu gak bisa sampe target. Tapi karena gak diomelin dan dimengerti gue baru apalagi laptop baru dateng siang, jadi.. yoo wis.

Begitu jam 6, huhuh lega banget sih. Akhirnya, bisa pulang walaupun gak enak, balik lagi gara-gara target itu tuh, hehe. Tapi gue pulang juga setelah ditanya sama anak sedivisi gue, "udah jam 6, gak balik?" baru deh gue balik hahaha, kaku banget ya sist!

Oke, segitu aja cerita pengalaman hari pertama kerja sebagai fresh graduate yang masih malu-malu kucing. Kalau lo, gimana waktu pertama kali masuk kerja nih? Masih tegang kayak gue atau lemes aja kerjanya? Buat yang mau tanya-tanya boleh lho, jangan lupa dishare juga ya! Kali aja ada yang mau masuk kerja, biar ada bayangan gitu hehe.

thanks for reading!
xoxo

You Might Also Like

11 comments

  1. Hihihi..seru hari pertama kerjanya ..Semoga makin sukses hari-hari selanjutnya :)

    ReplyDelete
  2. Kerja sekalipun udah beberapa kali pindah, tetep aja kalau first day selalu deg-degan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, waktu pindah juga gitu hehe

      Delete
  3. Wkwkw wajar mbaak kalau awal" masih tegang. Lucuu bacanya 😁

    ReplyDelete
  4. Jd keinget awal masuk kantor dpt rekan kerja nyebelin, untung tak lama kemudian dia resign hehe

    ReplyDelete
  5. Sama nih aku masih fresh graduate tp blom ngrasain kerja kantoran huhu

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
  6. salam kenal mbak
    saya juga fresh graduate, jurusan pendidikan matematika
    baru dua hari kerja di divisi staff finance..
    yg pasti saya ga tahu dasar dasar AK

    hari pertama kerja saya belum dapet meja sendiri, karena orang yg mau saya gantiin resignnya bulan januari, jadi saya duduk di bangku kecil gt, sambil dengerin dia ngasih penjelasan.
    Sebelum keruangan, saya juga keliling kantor dan salaman begitu mana kantornya 4 lantai.

    Spvnya cukup tanggap, beliau minta tolong ke rekan kerja lain untuk ngajarin saya beberapa tugas kantor yang dasar di perusahaan itu. Saya bawa buku catetan, tapi ya gt nyatet ga bisa rapi karena bingung jg yg ngajarin jelasinnya gmn.

    Hari pertama itu intinya saya udh di kasih kerjaan walau enggak banyak dan saya masih nanya mulu. Pas makan siang, saya diajakin makan bareng. Orang-orangnya baik-baik untungnya mbak.
    Selesai makan siang saya bingung ngapain, saya pun nanya ke rekan kerja yg ngajarin saya tadi, dia juga bingung mau ngasih saya kerjaan apa, akhirnya rekan yg lain ngasih saya kerjaan. Ehh tiba-tiba manager dtng nyamperin saya dan nanya gimana sama bilang kalau g tau nanya aja biar g salah.

    Hari kedua, masih belum dapet meja. Saya di kasih kerjaan lagi sama rekan yg lain, saya sih seneng aja biar g nganggur. Terus Spv nyaperin ngajak ngomong dan barulah di kasih jobdesc. Besok hari ketiga, dan mbak yang sya gantiin pun udah keluar.Saya makin takut ntar gimana kerjanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi.. Sabar dan tenang aja, jadi fresh graduate yg baru bgt kerja emng gitu. Serba gimana gimana. Takut ini itu, nantinya sebulan dua bulan udh keliatan kok pola kerjanya. Ikutin alurnya aja dan bener kata spv km, jangan takut nanya. Namanya jg anak baru, wajar banget kok 😊 good luck ya!

      Delete

Part of

Blogger Perempuan

Squad

Also In

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

Labels