Kamis, 21 Juli 2016

Pertama Kali Kerja? Jangan Sampai "Ketipu"

Hello gengs!

Lama juga ya gue enggak nulis apa - apa, hhh hidup saya rada gak balance akhir - akhir ini. Begitu ada niat dan mood buat nulis blog, tema ini yang muncul di kepala gue. Bukan apa - apa, gue merasa perlu banget ngasih tau kalian soal beberapa hal dalam menerima pekerjaan pertama. Ini sih berdasarkan pengalaman gue ya, semoga kalian lebih teliti aja begitu dapet kerjaan dan SEBELUM tanda tangan kontrak.



Keterima kerja di satu perusahaan aja udah bikin girang setengah mampus, apalagi kamu yang nyarinya susaaaaah banget, sampe hampir hopeless gara - gara gak dapet - dapet. TAPI, begitu kamu disodorin kontrak kerja, jangan saking senengnya gak peduli dan lupa sama hal - hal berikut yang gue alami, dan sebagai fresh graduate masih goblok banget soal dunia kerja.

Gaji


Ini hal krusial, gak usah munafik, siapa sih yang gak butuh uangnya? Sekarang, biar kamu paham seluk beluk gaji, gue mau kasih tau, biar ga di"tipu" sama HRD ya hehe.

Jadi... yang harus lo tau adalah GAJI POKOK. Jangan langsung bahagia waktu kamu disodorin gaji 4 juta misalnya, kamu harus tanya, BERAPA GAJI POKOKNYA? Karena eh karena, bisa aja di dalam 4 juta itu ada tunjangan BPJS, potongan pajak, dan tetek bengek lainnya yang bisa MEMOTONG lumayan dari jumlah 4 juta.



Percuma dong, kalau 4 juta itu belum kamu terima bersih. Kalau ternyata di dalam 4 juta ada potongan,itu BUKAN GAJI POKOK. Tanya, berapa banyak potongannya, apa aja rinciannya. Misal udah ditotal, yang dipotong adalah 400 ribu, berarti gaji pokok kamu cuma 3.6 juta aja! Begitu looooh.

Pokoknya jangan girang dulu deh kalau dikasih nominal lumayan ( 4 juta itu lumayan loh buat fresh graduate). Saat kamu negosiasi gaji, bilang ke mereka, "gue mau 4 juta, bersih atau nett/ gaji pokoknya" Eh.. jangan begitu juga sih ngomongnya hehehe. Dikemas cantik ala - ala pencitraan pejabat lah..

Gue sempet "ketipu" karena gak paham soal ini di awal, huhuhu. Jangan sampe kalian kayak gitu ya!
Sudah paham saudara - saudara?

Kontrak


Penting banget buat kalian baca itu kontrak kerja. Gue highlight apa aja yang penting nih :


  • Probation / Masa percobaan ; Berapa lama
  • Kontrak/ Tetap : Kapan kamu bakal diangkat jadi karyawan tetap, setelah probation atau setelah setahun? Tanyain.
  • Gaji : Kapan tanggal gajian
  • THR : Dapet THR gak? Misal kamu masuk deket - deket lebaran, tanyain tuh, dapet THR gak?
  • Pengunduran Diri : Misal, kalau mengundurkan diri atau resign, bisanya kapan? Setelah selesai kontrak atau masa percobaan? Atau kapan aja kamu mau? Ketentuannya gimana? Biasanya ada di surat kontrak
  • Cuti : Demi keeksisan sebagai traveller, tanya kapan kamu bisa ambil cuti? Setelah probation kah? Atau lain - lain. Ketentuannya gimana?
  • Asuransi : Pake BPJS kah? atau ada asuransi dari swasta yang bisa direimburse (dibayarin). Apa aja yang bisa dibayar dari asuransi swasta yang dikasih?
Kurang lebih, itu beberapa hal yang HARUS kamu tau sebelum tanda tangan kontrak. Jangan sampai kamu gak tau apa - apa dan udah keburu kerja disitu, dan terikat dengan kontrak yang lama. 


motivasi tiap pagi
Okay, semua udah dikroscek? Aman? ada yang gak sreg? Kamu BISA banget diskusiin ini sama HRD ya. Bilang sejujurnya, soal apapun itu. Gaji misalnya kurang atau gimana. Karena pada tahap ini kamu udah lewat "UJIAN". Bahasa jujurnnya mah, kamu tinggal nego berapa dan bagaimana mereka mau bayar tenaga kamu. Biasanya sih... fresh graduate gak banyak bisa nawar. Belom pernah kerja sih. Nanti gue cerita panjang soal ekspektasi fresh graduate macem kita - kita ini (eh gue udah enggak dong :p )

Okay, ada yang mau ditanyakan dan dibahas untuk NGOMONGIN KERJAAN ala Heytarra? Komen aja yuk. Follow IG gue dong! (halaah gak penting)



xoxo
heytarra




9 komentar:

  1. inget banget nih soal gaji, kakak saya jg fresh graduate. doi langsung neken oke aja begitu ditawarin gaji yg dipikir tinggi. padahal itu tinggi kalo standar Semarang, smntara kerjanya di Jakarta jd beda deh standarnya. tp udah terlanjur yaudah nikmatin dulu hahaha

    salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. XD iya, kesalahan fresh graduate dimana - mana, aku juga gitu dikira cukup taunya masih ada potongan sana sini. salam kenal juga!

      Hapus
  2. *calon fresh graduate* *kelas 3 SMK* *mulai mikir mau kerja atau kuliah*
    bermanfaat nih kak, thx u for share ditunggu next part ya kak :D

    isthiutamid.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat!! mulai tentuin rencana kedepan biar ada gambaran :D thank you ya udah baca ^^

      Hapus
  3. Thank youu sharingnyaa siss. . Bermanfaaat bingits biar ndak salah jalan. Hehehehe

    BalasHapus
  4. Sharingnya bermanfaat bgt buat para fresh grad mba, banyak hal ttg kontrak yg kadang suka dilupain bagi para fresh grad

    BalasHapus
  5. Hello..

    Seneng nya baca blog tentang #ngomonginkerjaan
    ini krusial dan penting loh untuk educate :)

    alsheilaaa.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heloo Sheila, thank you udah baca yaa :) namanya fresh grad emang suka "lost" karena hal2 kayak gini gak diajarin atau jarang banget diceritain sama orang2 yang kita tanya.

      Hapus