Gimana Rasanya Jadi Fresh Graduate? | Ngobrolin Kerjaan #LIFE

3:30:00 PM

Holaaa
Seperti yang udah gue pernah infokan di blogku tercinta ini, gue akan nulis ga cuma review kosmetik dan shopping experience, tapi banyak hal, salah satu yang dari dulu pengen tulis disini adalah gimana sih rasanya jadi seorang fresh graduate?? 

Gue udah kerja sejak bulan Agustus 2015, lulus di bulan Desember 2014 dan wisuda di Januari akhir 2015. Sejak Februari, gue udah resmi menyandang gelar fresh graduate. Banyak hal yang gue alami, terutama proses cari kerja yang bisa dibilang cukup makan waktu, dan disini gue akan cerita dari awal, cuma kayaknya ga bakal cukup di 1 post doang, dan gue akan bikin kelanjutannya, bertahap ya.


Oiya, jadi karena gue juga baru banget ngerasain kerja kantoran yang digaji perbulan, jadi gue cuma mau share pengalaman dan sedikit tips kali ya, gue juga belom berpengalaman banget, tapi gue harap kalian, yang baru mau lulus atau udah mikirin kerjaan seperti apa kedepannya, bisa lah dapet sedikit pencerahan dari postingan gue ini. 

Gimana Rasanya? 
Efek kelulusan adalah rasa bahagia yang tidak terkira hahaha. Iya seneng banget gue sih, setelah berjuang nyelesain skripsi. Rasanya pengen break dulu sebelum apply kerjaan dimana-mana. Jadilah di bulan Februari gue stay di Semarang dulu, ngabisin waktu sama temen-temen, soalnya kalau balik ke rumah, susah dong ya ketemu temen kuliah yang banyak di Jawa Tengah ini. Tapi.... gue juga ga sekedar seneng-seneng. Di Februari, gue apply sebagai freelance writer di Matome, yang sekarang namanya udah berubah jadi Beautynesia.id. Jadi selama Februari - Agustus, sambil apply kerjaan sana sini, gue juga ngisi waktu dengan nulis buat Beautynesia, nilai plus nya, di CV jadi bagus. Gue ga keliatan diem aja nunggu panggilan, tapi juga ngisi waktu dengan kegiatan yang emang gue suka, nulis. 

Graduated, then what?
Setelah gue dinyatakan lulus di bulan Desember, which is itu abis sidang, hal pertama adalah bikin daftar perusahaan yang mau gue apply. Sebenernya bikin daftar ini udah dari dulu banget sih, gue selalu punya bayangan di industri dan pekerjaan apa yang gue mau. Gue suka banget nulis, and that's my expertise. Termasuk jurnalistik di dalamnya, pokoknya yang berkaitan dengan tulis menulis, whatever it is. Tapi passion gue lebih ke feature writing, kayak artikel, atau hal-hal yang sifatna nyantai dan membutuhkan imajinasi (mikir kreatif). Kalau di jurnalistik, yang dituliskan laporan kejadian ya, jadi beda sama nulis artikel soal kesehatan misalnya. 

Kerja di majalah adalah salah satu impian gue, Gogirl jadi majalah paling pertama di daftar gue. Kenapa? Karena menurut gue isi, visi dan misi Gogirl itu gue banget. Gue suka isinya yang "rich" ga melulu soal tren and how to look cool (which almost every magazine for teen-young adult contains). I feel have a personal connection with the magazine. 

Oke, selain itu gue juga punya option lain, seperti majalah Cita Cinta dan majalah dari MRA. Selain majalah, gue juga incer beberapa website seperti Femaledaily, Vemale, dan lainnya, Intinya, gue cari kerjaan as a writer (content write, creative writer, article writer, whatever they call the position).

Applying The Job
One thing you should know, gue bukan orang yang suka dateng langsung ke kantor perusahaan yang mau gue apply. Bukan karena males, tapi gue pikir itu ga efisien, oh iya termasuk ke Job Fair! 
Menurut gue hal seperti itu buang-buang waktu banget. Bayangin, lo dateng ke job fair, yang disitu ada ratusan perusahaan dengan ribuan pelamar. Lo harus keliling, antri, kasih lamaran, kalau ada interview langsung, lo harus nunggu antrian. No, just NO.

Gue ga suka interview di tempat rame kayak gitu, dan bayangin aja, employee yang wawancara lo pasti juga udah mumet, pengennya cepet selesai, Kalau lo ga stand out, langsung deh di skip, ugh! Gue lebih suka duduk manis di kamar, dan apply sebanyak-banyaknya lewat email/website mereka. Dan itu yang gue lakuin. Gue yakin, kalau gue bisa bikin CV dengan portfolio bagus, pasti bakal dilirik. 
Gue banyak apply lewat Jobstreet.com. Emang, sebagian besar temen gue pun bilang, kayaknya ga efektif deh, atau "bukannya lama ya kalau pake Jobstreet?" Yah, dicoba dulu kali. Lo bikin kalimat yang "menjual" dong. Gue 100% pake Jobstreet buat ngelamar pekerjaan yang gue mau, dan banyak kok yang dipanggil buat interview, walau harus nunggu bisa sebulan atau lebih. 

Berapa Lama?
Precisely gue ga tau ya, tapi gue mulai hunting dari akhir Februari sih. Ada yang 2 minggu udah dapet panggilan, ada yang sampe sebulan baru dipanggil. Tenang aja, jangan ngebet banget, ntar malah stress sendiri. Gue pun merasakan itu, tiap hari gue cek email, berharap ada email panggilan, hp selalu stand by, berharap ada telpon, tapi malah bikin stress sendiri.

Kurang lebih, hal-hal di atas adalah tahap pertama yang gue alami setelah lulus. Jadi, di Februari gue cari kerjaan freelance sekalian apply lewat jobstreet, di Maret gue udah mulai interview sana-sini, ada yang sampe ke tahap user ada yang cuma mentok di HRD, nanti gue akan bikin post terpisahnya okeyy?? Stay tune.

Kalau kalian sendiri gimana? Cerita dong pengalaman pertama kerja as a fresh graduate. Kalau ada yang mau ditanyain, please leave a comment ya, oh btw google commentnya kok suka ga bisa di reply ya? ada yang tau kenapa gitu? Do tell me ^^

Thanks For Reading
xoxo





*not a sponsored post*

You Might Also Like

11 comments

  1. mau nanya... udah punya pacar blum ? :)

    ReplyDelete
  2. kalo Blogger mah, job selalu ada kan, meski gak ngantoran, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung juga, ga semua blogger "work" a fulltime blogger :)

      Delete
  3. aku aku juga fresh graduate walaupun belum wisuda (wisuda bulan maret bsok) sungguh udah ngirim email kemana mana tetep belum ada yang manggil T.T

    ohyah btw aku mau nanya beda nya CV dan portofolio apa yah? bisa nunjukin contohnya ga? pernah googling tapi aku ga ngerti beda nya. >.<

    hehehe btw thanks!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar aja, dan selalu evaluasi CV dan Portfolio. Kalau aku udah kirim banyak, aku jg selalu cek apa aja yg kurang di cv, apa kurang detail atau malah terlalu bertele-tele.
      Bedanya, CV itu riwayat hidup kita : pendidikan, pengalaman kerja, skill, dll kalau portfolio, itu hasil kerjaan kita. Kalau kamu pernah magang atau part time bikin sesuatu, nah itu portfolio. Semoga membantu :)

      Delete
  4. dulu, jaman2 masih nyari kerjaan juga, setiap interview saya ngomong saya diri saya sendiri, nothing to lose ...gitu hehehe, kaya baca mantra ala mbah dukun, biar tenang. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget haha, aku juga selalu bilang gitu, rileks, anggep aja lagi ngobrol sama temen :D

      Delete
  5. sama, aku juga pengen banget banget kerja di go girl! sama female daily. hehe


    http://bit.ly/24jo41T

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya itu impian cewek2 masa kini ya hahaha :D

      Delete
  6. Dear, aku boleh minta email HRD Beautynesia? Karena aku ingin apply disitu hehe terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, aku kurang tau klo email hrdnya, waktu itu daftar jg via jobstreet, coba tanya langsung ke ig mereka ya.

      Delete

Part of

Blogger Perempuan

Squad

Also In

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

Labels