Kamis, 19 Februari 2015

Shopping : Belanja Sepatu Online

I've bought 3 pairs of shoes online dan semuanya beli di Zalora. First, you should know that this is not a sponsored post, I bought the shoes with my own money.

Ada beberapa hal yang wajib kalian perhatiin kalau beli sepatu lewat online shop atau toko online. Ngga mau kan, nanti nya malah ngga muat atau ngga enak dipakai. Nah gue pernah beberapa kali beli sepatu online, walaupun belum pernah beli di berbagai tempat atau beda toko online, tapi hal-hal yang berikut ini selalu jadi pegangan gue kalau mau beli sepatu online. Let's check them out!




Ukuran

Selalu cek ukuran setiap mau beli. Ini hal mendasar banget, dan ngga cuma menentukan nomor sepatu aja, tapi panjang nya sepatu. Misal ukuran nomor 39 panjangnya 24.5 - 25 cm. Nah yang perlu diketahui, setiap brand/ merek sepatu punya ukurannya sendiri. 

Contoh, di Zalora ada banyak brand, nah masing-masing brand ini punya ukuran sendiri. Jadi nomor sepatu 39 untuk brand A belum tentu sama di brand B.

Brand : Koumi Koumi  
Brand : Zalora

Kayak gambar di atas, beda kan? makanya penting banget tau ukuran panjang kaki kita. Kalau kita tau berapa panjangnya, tinggal sesuain deh sama nomor sepatu yang ada. 
Gue pribadi ngukurnya pake penggaris (yang ada aja lah ya) dan biar ga ribet-ribet gambar kaki segala. 
zalora.co.id
Seperti ini lah cara gue ngukur kaki :


Panjang kaki gue kira-kira 24 cm

Ukur mulai dari bagian terluar tumit ya.. 

Nah, panjang kaki gue 24 cm, jadi kalau beli sepatu online gue selalu cek panjangnya dulu. Pokoknya kalau udah tau panjang kaki, ngga bakal pusing lagi deh. 

Kalau urusan lebar kaki, itu gue kurang paham, soalnya ukuran lebar gue standar. 

Experience

Like I said before, gue udah beli 3 sepatu dari Zalora. Kalau dari online shop lain gue belom pernah, belom tertarik juga sih hehe, dan salah satunya karena gue takut ga pas ukurannya. Masalahnya kalau ga bisa dituker kan sayang banget. Belum lagi yang jualan ngerti kan soal panjang kaki dan lain sebagainya.
Tapi kalau brand lokal sih biasanya ukurannya sama. Misal, kalian biasa pake ukuran 39 kalau beli di mall kayak Matahari, nah itu bisa jadi patokan juga, cuma enggak menjamin.

Gue waktu beli sepatu item (tengah) di Zalora, karena ngga inget panjang kaki dan males ngukur, gue pesenlah nomor 39 dan bener aja, kegedean! untung bisa dituker. Cuma kalau nuker barang di Zalora prosesnya bisa seminggu, soalnya kan kita kirim dulu, terus tunggu konfirmasi pihak sana juga baru deh sama mereka dikirim lagi.

Review sepatu yang gue beli dari Zalora :
2 sepatu pertama itu dari Ezra, which is also from Zalora. Sepatu yang silver enak dipake walaupun baru. Pinggirannya ngga keras. Sepatu kedua kaku banget! dan agak sakit pinggirannya. Satu hal yang sama dari kedua sepatu ini adalah bawahnya licin! Hati-hati kalau jalan di tempat becek, atau bahkan lantai biasa, tapi ngga parah-parah banget sih licinnya. Masih sering gue pake keduanya kok.

Kedua sepatu itu juga ngga pake lapisan busa gitu di dalamnya, jadi bisa dibayangin ya.. standar sepatu flats yang sering kita liat di Matahari kok. Harganya juga murah, yang pertama cuma 70ribuan dan yang item 110ribuan, belinya pas diskon :p

Kalau sendal yang terakhir ini harganya 250ribuan, itu juga pake voucher dari Baidu. Nah ini nih, kalau mau dapet voucher Zalora, download aplikasi Baidu, nanti kalian dapet kode voucher. Cuma ga tau sekarang masih ada apa ngga. Sendal unyu ini nyaman dipake kok, seharian gue pake waktu wisuda ngga bikin lecet, cuma emang tali nya kecil banget.
Kesimpulannya 

  • Beli sepatu di online shop dengan informasi lengkap

Paling aman emang beli di online shop yang menyediakan informasi lengkap soal barang, bahannya, foto zoom barang yang jelas, dari alas bawah sepatu sampe detail kecil dari sepatu nya. 

  • Ukur dan inget panjang kaki
I told you the reason.
  • Kalau perlu ingat ukuran dalam ukuran US, UK, International
  • Tanya panjang dan ukuran sepatu (online shop di Instagram, Fb, dll)

Nah itulah cara dan tips dari gue buat kalian yang kepengen beli sepatu online tapi masih bingung atau takut. Online shopping itu emang pasti ada error nya, tapi disitulah seni nya (ceileh). 

So, I wish this post is useful for you guys, and thank you for reading <3 <3



2 komentar:

  1. Thanks for sharing Mbak. Selama ini belum pernah beli sepatu online. Pernah ada yg ditaksir tp masih maju mundur. Biasanya ga jadi krn ga tau bahannya bakal nyaman (lembut) di kaki/nggak hehe.

    BalasHapus
  2. Aku juga suka belanja di Zalora. Tapi lebih ke bajunya hehe

    BalasHapus