Sabtu, 14 Februari 2015

My Graduation Story

Hey hey hey! It's been almost 3 weeks after my graduation and I'm going to share what happened when the day came. Gue mau cerita seluk beluk beserta segala kerepotan (yang dibuat repot) dalam menghadapi wisudaan.

Cewek itu ribet! banyak banget yang harus dipikirin kalo ada acara-acara khusus kayak gini, ya makeup ya baju, sampe sepatu dan clutch yang mau dipake biar kece pas hari H, hehe.


Jarak antara sidang sampai wisuda kurang lebih 1 bulan, dan itu cukup buat siap-siap segala macem. Kalau mau lebih mantep, begitu daftar sidang bisa langsung siap-siap juga kok.
Beberapa hal yang perlu diketahui, gue kuliah di Semarang (Undip) dan berasal dari Tangerang, I can't drive :(, dan gue ga tau dimana tempat belanja kece di Semarang selain di Mall, jadi gue sangat mengandalkan online shopping buat belanja beginian. Okesip, mari kita mulai.....

Pertama, yang gue anggap paling gampang langsung gue kerjain. Maksudnya hal-hal sepele kayak aksesoris tas atau sepatu udah gue cari dari sebelum sidang malah hehe, udah dipikirin tuh mau yang kayak gimana. Gue sih karena yang begini yang diduluin, jadi nyari nya yang simple dan pastinya netral (warna nude, silver, pink, dll). Ini dia sepatunya, beli di Zalora dan clutch nya dari Manikan.

excuse my awkward legs :p
I've been dying to buy this kind of heels, unfortunately this is the only nice heels with my size available at the moment :( but I like it, despite its very tiny strap. 

Kedua, baju!

Gue udah beli sendal dan clutch, sekarang baju nya. Awalnya niat buat beli jadi aja deh, kebaya gitu di tanah abang, biar gampang. Ternyata pas udah balik ke Tangerang, nyokap ga sempet kalo belanja ke Tanah Abang, galau deh. 
Tapi sebelumnya, gue juga udah searching online dari dress lucu sampe kebaya kece yang dibawah 300-350. Budget juga penting banget, dan bates gue sih sampe 350an. Udah sampe puyeng pala nyari dress dari Instagram sampe online shop ga nemu yang bagus, gue suka, dan panjang sebetis. 
Tapi suatu hari... gue menemukan ini

beauiful beauty blogger Sasyachi 
Nah, Sasyachi (or Sasya?) ini nge post baju dari @tenunikatshop dan gue suka sama kain tenun nya, setelah stalking IG dia, akhirnya nanya-nanya dan dari kain sama jahitnya total 290ribu. Kalau jahit se lutut 250ribuan. 
Sayangnya, kain yang gue mau pada abis :( karena udah mumet, yaudah gue pilih aja deh yang ada. Nah ini gue ga sama sekali ketemu orangnya atau dateng ke tempatnya buat fitting dan lainnya. Ngukur badan juga sendiri, gue kirim ukuran + model dress yang gue mau. Agak berani juga sih, dan penuh resiko haha, tapi gue yakin, semuanya akan baik-baik sajaaaa~ 

Ini dia contoh model baju nya 
Dan hasilnya :

ah that sandal ... sorry

Baju ini datengnya mepet bangeeeet, 2 hari sebelumnya itu juga pake deg-degan ga sampe. Jadi gue awalnya masih di Tangerang, biar dia kirim ke Tangerang tapi malah ngaret sehari dan gue harus udah di Semarang buat gladi resik. 

Gue suka sih sama bagian atasnya, juga kainnya. Cuma yang mengecewakan bagian bawahnya itu loooh... kan gue request dibikin flare kayak gambar diatas, cuma sama dia ngga dibikin melipat. Jadi bagian tengahnya ngga dibikin nempel ke bahan di dalam. You get what I'm talking about right?

Satu lagi, ini kesalah gue, dan kalian yang mau ukur badan sendiri penting banget ukuran dilebihin 1-2 cm! Kesalahan gue adalah ngga dilebihin jadi ngepas banget! Kalau mau duduk ya harus dinaikin dikit, kalau ngga takut sobek! jongkok apalagi haha.

Sekedar cerita, jadi gue ngga liat gimana bentuk setengah jadi baju ini, padahal gue udah minta kalo udah jadi setengah kirimin fotonya huft. Karena udah bayar dan lainnya, yaudahlah gue yakin aja. 

Tips : Bikin baju online itu perlu banget diliat online shop nya, dan mesti ngerti bahannya, misal dia batik tulis apa cap dan lainnya. Selalu tanya kapan dia janjiin selesai, dan diitung dari selesai-pengiriman-sampai tujuan. 


Okay, moving on to 3rd step... ^^
Makeup   
Ini penting abis, dan gue udah booking tukang makeup yang tahun lalu makeupin temen gue. Gue liat hasilnya oke, dan setelah muter-muter bingung akhirnya yaudahlah gue booking aja. Biayanya 200 ribu udah sekalian styling rambut (buat yang hijab juga bisa). Ini termasuk mahal buat makeup wisuda, soalnya temen gue banyak yang di bawah 200ribu. 


Gue suka hasil contour hidung dan alisnya, bagus. Sayang foundationnya cakey pas udah siang :( apalagi di bagian dagu. Emang gue juga abis jerawatan, jadi banyak kulit yang kering dan kulit lagi ga kece banget, that makes my makeup look bad. 

Lipstiknya dipakein yang nude, which doesn't look good on me. Gue tambahin lipstik sendiri biar ga pucet. Liat gambar pertama kayak ga pake makeup kan? I also asked for winged eyeliner, and I thought I make it better. Kurang runcing nih sayapnya! huh 

this is what i'm talking about
Satu lagi, bulu mata sebelah kanannya lepas setengah! OMG, nyebelin banget haha. Belum lagi ternyata eyeliner yang buat kelopak mata bawah kena contact lens! pantes aja ngga enak banget yang sebelah kiri. Begitu selesai acara langsung gue copot deh itu contact lens.

But, I must say the foundation didn't feel heavy on my face, I don't breakout. The oil control is so so.. and it crease after 4 hours. 
Rambutnnya juga kurang oke hasilnya, kurang keliatan curly as I wanted. 

Terakhir...
Penginapan. Karena dari luar kota, dan kamar kosan yang kecil, jadi harus cari penginapan. Banyak penginapan murah di Semarang yang di bawah 200 ribu, serius! 
Carinya jangan hotel, tapi wisma/ guest house gitu atau kos-kosan yang nyediain kos harian. Kalau 200 ribu udah bagus biasanya. 

Gue dan ortu sih ngga muluk-muluk lah ya, yang penting ada kasur dan kamar mandi dalem. Dapet lah seharga 150 ribu di depan kosan gue. Ternyata kost di depan kostan gue bisa buat nginep gitu. Sori ya, lupa foto tempatnya. Pokoknya kasur double + ac + tv + kamar mandi dalem. Emang ga lebar, ga bisa selonjoran di bawah gitu, tapi okelah kalo buat tidur satu kasur dua orang. 

Oya, nama kost nya kost arimbi di Jl Ngesrep timur 5 dalam 2, dan masih banyak banget kostan sejenis ini di daerah lainnya sekitar tembalang. 

****

Nah itu dia cerita wisudaan, dari persiapan baju buat wisuda sampai penginapan murah di deket kampus Undip Tembalang. Sebelum gue sudahi tulisan ini, ehem, gue urutin nih beserta tips soal wisudaan yang diharap bisa membantu kalian yang mau wisuda nanti. 

****

  • Baju bisa beli, bikin, sewa, dan lainnya. Biar dapet yang sreg (misal kalian banyak mau kayak gue) harus cari seenggaknya sebulan sebelumnya, biar ga mepet dan bisa dibenerin kalo ada yang salah.
Tips : menurut pengalaman, beli jadi / sewa emang paling gampang dan cepet, kadang bisa lebih murah. 
  • Aksesoris ( clutch, sendal, kalung, dll ) mending beli yang netral warna nya biar bisa masuk kemana aja. Kemaren kakak kelas gue malah ada yang pake sneakers, hehe keren!
  • Makeup, bisa cari mba-mba BA di konter makeup. Kalau di Semarang, mba-mba di Chandra biasanya sedia jasa makeup dan udah termasuk rias rambut. 
Tips : liat dandanan mba nya, kalau bagus, kemungkinan dandanin kita juga oke. Kalau gue sih nilai nya begitu. Kalau dandanin diri sendiri aja aneh apalagi dandanin orang hehe. 
  • Banyak penginapan murah di Tembalang, Semarang. Cari kos ekslusif (biasanya jenis ini yang sedia kos harian).
  • Booking foto studio paling lambat 2-1 minggu sebelumnya. Kalaupun dateng telat, kalian pasti diduluin kalau udah booking. Kemaren gue di Potrait BQ Square paket paling murah 250 ribu ( 1 foto 12R + Frame, 4 foto 4R diedit semua )
  • Buat yang dari luar kota dan ga bawa kendaraan bisa pake taksi, karena jarak kost ke Undip deket jadi pake tarif minimum. Blue Bird 25 ribu, Kosti 20 ribu. Lebih murah daripada sewa mobil. Cuma yaa ga bisa jalan-jalan bebas. 

thank you everyone <3

Yeaaay!! selesai sudah kerepotan ngurusin wisudaan. Yaah semacem latihan buat nanti ngurus nikahan (did I say wedding?) hihihihi. 
Wisuda itu momen yang penting banget, semacem perayaan formal setelah menyusun skripsi sampe gempor. Dan yang pasti bangga dong sama orang tua, akhirnya bisa pake toga dan foto studio bareng, hehe.

Buat yang masih skripsian, hayoo selesaikan. Skripsi itu harus konsisten dikerjain, bukan cuma sebagai syarat lulus, tapi juga tanda kalau kita berusaha mengurangi beban ortu. Makin lama, kan makin mahal bayar kuliahnya (kok ceramah? hhmm)

Bagi yang sudah lulus, hhh life hasn't ended yet. We have to find a job to get money, isn't that what we supposed to do? no matter you hate the idea, but it's reality, and it sucks sometimes.

Let's hope we get our dream job, and be happy with it. I always dream to have a job that I love, not because the money, but because I do something I love (writing/ blogging) and I wish I could make that comes true. Keep fighting for you who haven't get a job! you're not alone ^^


Thanks for reading, and don't hesitate to ask anything in the comment below! :*


1 komentar: